Kamis 01 Dec 2016 00:49 WIB

Reksa Dana Syariah Global Dapat Menjadi Alternatif Investasi

Rep: Rizky Jaramaya / Red: Budi Raharjo
Obligasi syariah (ilustrasi)
Foto: matanews.com
Obligasi syariah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama Mandiri Investasi Muhammad Hanif mengatakan, reksa dana syariah global dapat digunakan sebagai akses bagi calon investor di Indonesia untuk berinvestasi di pasar saham luar negeri. Reksa dana ini menggunakan prinsip syariah yang sangat berhati-hati dan bertanggung jawab dalam proses pemilihan saham luar negeri di portofolio reksa dana.

“Kami yakin bahwa kedepannya produk Mandiri Global Sharia Equity Dollar akan menjadi alternatif investasi yang menguntungkan," ujar Hanif di Jakarta, Rabu (30/11).

Mandiri Investasi telah meluncurkan produk reksa dana Mandiri Global Sharia Equity Dollar pada 26 Juli 2016. Menurut Hanif, penerbitan reksa dana ini dinilai tepat apalagi setelah pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) terjadi outflow dari emerging countries untuk penjualan bond maupun equity. Hal tersebut menunjukkan bahwa pasar keuangan AS akan lebih kuat dari sisi currency, bond, dan equity.

Hanif mengatakan, sekitar 60 persen portofolio reksa dana Mandiri Global Sharia Equity Dollar berada di AS dan selebihnya ada di Eropa serta Asia. Menurutnya, investasi di reksa dana syariah global sangat baik bagi nasabah yang sudah memiliki dana dalam bentuk denominasi dolar AS.

Di Indonesia jumlah investor yang berinvestasi di reksa dana syariah global masih kecil. Sekitar 60 persen investor yang memiliki dolar AS lebih memilih berinvestasi dalam bentuk deposito dan sisanya di obligasi. Sedangkan di negara maju investasi dalam bentuk deposito sekitar 20-30 persen.

Hanif menambahkan, secara return, investasi saham di Indonesia pernah mencapai lebih dari 50 persen pada 2004-2006 namun volatilitasnya juga tinggi. "Ini menggambarkan bahwa nasabah di Indonesia bisa diversifikasi investasi dalam bentuk dana di luar negeri," kata Hanif.

Saat ini sebagian besar nasabah reksa dana syariah global di Mandiri Investasi merupakan institusi. Menurut Hanif, bagi investor individu sebetulnya bisa masuk dalam produk investasi ini sebagai bagian dari perencanaan keuangan di masa depan karena sifatnya jangka panjang. Produk reksa dana Mandiri Global Sharia Equity Dollar memiliki keunggulan yakni ada diversifikasi return dan risiko, jadi portofolionya tidak terkonsentrasi hanya di satu negara saja.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement