Rabu 23 Nov 2016 03:48 WIB

Mentan Canangkan Gerakan Nasional Penanaman 50 Juta Pohon Cabai

Rep: rusdy nurdiansyah/ Red: Budi Raharjo
Pohon Cabai
Pohon Cabai

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kota Depok mendapat kepercayaan dari Kementerian Pertanian sebagai lokasi pencanangan Gerakan Nasional Penanaman 50 Juta Pohon Cabai (Gertam Cabe) di pekarangan rumah.

"Gerakan ini dilatarbelakangi dengan kenaikan harga cabai," kata Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman saat pencanangan Gerakan Nasional Penanaman 50 Juta Pohon Cabai di Lapangan Tembak Kostrad Cilodong, Depok, Selasa (22/11).

Untuk itu, lanjut Andi, pihaknya mendorong dan mengajak seluruh masyarakat di Indonesia terutama Kota Depok untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam minimal 20 tangkai pohon cabai. "Dengan menanam cabai di pekarangan rumah dapat menjadi solusi dalam pemenuhan kebutuhan gizi keluarga, tentunya dengan mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan," harap Andi.

Wali Kota Depok, Muhammad Idris A Shomad mengatakan suatu kebanggaan untuk Kota Depok yang dijadikan lokasi pencanangan Gerakan Nasional Penanaman 50 Juta Pohon Cabai dalam mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia. "Kota Depok telah menerapkan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) sebagai pemanfaatan lahan pekarangan. Kota Depok merupakan wilayah perkotaan yang minim jumlah lahan pertanian," terangnya.

Dia menjelaskan dengan keterbatasan lahan yang dimiliki,  Kota Depok terus berupaya menyukseskan ketahanan pangan. Salah satunya melalui program yang digagas oleh PKK Kota Depok dengan memanfaatkan lingkungan perumahan penduduk.

"Alhamdulillah di berbagai wilayah di Kota Depok sudah berhasil memanfaatkan KRPL, semoga ke depannya dapat memanfaatkan lahan yang ada untuk ditanami cabai sebagai upaya menyukseskan program Pemerintah Pusat," jelas Idris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement