Senin 21 Nov 2016 09:37 WIB

Perbankan Konvensional di India Bisa Jual Produk Keuangan Syariah

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Bank Sentral India
Foto: indiannerve.com
Bank Sentral India

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI – Bank sentral India, Reserve Bank of India (RBI), telah sepakat untuk mengenalkan sistem perbankan syariah. Sebagai tahap awal, pengenalan ini akan dilakukan melalui perbankan konvensional dengan tetap memegang prinsip syariah yang bebas bunga. 

Nantinya, perbankan konvensional akan menawarkan pilihan produk keuangan syariah kepada nasabah. Dilansir India Times, Senin (21/11), RBI telah mengirimkan surat kepada Kementerian Keuangan India agar pemerintah dapat memberikan dukungan regulasi terhadap perkembangan perbankan syariah di India. 

Dalam surat tersebut disebutkan bahwa industri perbankan India masih memiliki sedikit pengalaman untuk mengembankan industri keuangan syariah. Sementera, secara global industri keuangan syariah terus tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, RBI akan mengenalkan perbankan islam di India secara bertahap. 

Dalam surat tersebut juga dituliskan bahwa, RBI memiliki beberapa produk perbankan syariah yang mirip dengan produk konvensional dan dapat diperkenalkan melalui sistem islamic window. Sebelum memutuskan hal ini, RBI telah mempertimbangkan berbagai kemungkinan dan juga telah melakukan kalkulasi untuk memulai langkah dalam memperkenalkan perbankan syariah di India. 

Perbankan syariah tidak hanya menyangkut permasalahana agama namun menjadi kebutuhan dan alternatif bagi masyarakat. Nantinya, area kerja di bawah sistem islamic window akan disesuaikan dengan keputusan Dewan Syariah dan Komite, agar produk-produk perbankan syariah tetap sesuai dengan prinsipnya. 

Saat ini, RBI sedang melakukan finalisasi dan penyesuaian produk perbankan syariah dengan prinsip islam dibawah pengawasan Dewan Syariah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement