Kamis 17 Nov 2016 12:41 WIB

Pemerintah Ajak Swasta Bantu Penuhi Pasokan Listrik Nasional

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Pembangkit Listrik PLN
Pembangkit Listrik PLN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dalam negeri, pemerintah mengajak swasta untuk ikut andil dalam memproduksi pasokan listrik. Jonan mengatakan, Kementerian ESDM sedang membahas terkait peraturan dan peluang ini.

Jonan mengatakan masih banyaknya pekerjaan rumah terkait pasokan listrik membuat pemerintah membuka keran keterlibatan swasta untuk turut serta menambah pasokan daya listrik. Hal ini juga untuk mengejar target yang dipasang presiden agar seluruh Indonesia pada 2019 semua sudah terpenuhi pasokan listriknya.

"Ini tantangan besar. Ini banyak yang ngga tau lebih 2.500 desa yang gak ada listriknya. Ini jadi pemerintah Presiden. 2019 tidak ada desa yang tidak dialiri listrik. Papua sendiri 2.376 tanpa listrik. Ini target besar sekali," ujar Jonan di Jakarta, Kamis (17/11).

Jonan mengatakan keterlibatan swasta menjadi sangat penting mengingat beban yang diberikan kepada PLN juga sangat besar.

PLN sendiri menurut Jonan masih belum bisa menjangkau beberapa daerah terpencil dan yang ada di pelosok.

"Kami baru menerbitkan peraturan, untuk swasta bisa membangun pembangkit, kemudian listriknya bisa langsung disalurkan ke masyarakat. Terutama yang tidak menggunakan sistem transmisi dan gardu induk PLN," ujar Jonan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement