Kamis 17 Nov 2016 11:33 WIB

Sekar Dorong Bank BJB Jadi 10 Bank Terbesar

Rep: sandy ferdiana/ Red: Rahmat Santosa Basarah
PKB HUBUNGAN INDUSTRIAL -- Ketua Umum Serikat Karyawan (Sekar) Bank BJB dan Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Bank BJB Agus Mulyana berjabat tangan seraya menunjukkan perjanjian kerja bersama (PKB) tentang komitmen kemajuan Bank BJB di Ballrom Trans Resort, Bali, Kamis (17/11). Hadir dalam kegiatan itu Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan (ketiga dari kanan) dan Direktur Persyaratan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI Sri Nurhaningsih (kedua dari kanan).  Foto: Sandy Ferdiana/Republika
PKB HUBUNGAN INDUSTRIAL -- Ketua Umum Serikat Karyawan (Sekar) Bank BJB dan Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Bank BJB Agus Mulyana berjabat tangan seraya menunjukkan perjanjian kerja bersama (PKB) tentang komitmen kemajuan Bank BJB di Ballrom Trans Resort, Bali, Kamis (17/11). Hadir dalam kegiatan itu Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan (ketiga dari kanan) dan Direktur Persyaratan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI Sri Nurhaningsih (kedua dari kanan). Foto: Sandy Ferdiana/Republika

REPUBLIKA.CO.ID,DENPASAR--Bank BJB dan Serikat Karyawan (Sekar) Bank BJB bersepakat untuk mengantarkan perusahaannya menjadi 10 bank terbesar dan berkinerja baik di Tanah Air. Komitmen itu tertuang dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB) antara Bank BJB dan Sekar Bank BJB yang berlangsung di Denpasar, Bali, Kamis (17/11).

PKB ditandatangani oleh Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Bank BJB, Agus Mulyana, dan Ketua Umum Sekar Bank BJB, Juniardi Swastria, dan disaksikan oleh Dirut Bank BJB Ahmad Irfan dan Direktur Persyaratan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI Sri Nurhaningsih. Dalam sambutannya, Dirut Bank BJB Ahmad Irfan mengatakan, hubungan harmonis dan komitmen antara manajemen dan Sekar Bank BJB merupakan modal utama dalam menggapai visi Bank BJB.

Menurut dia, kiprah karyawan Bank BJB yang profesional selama ini mengantarkan perusahaan menduduki posisi ke-14 dari 118 bank di Indonesia. ‘’Kami optimistis, melalui hubungan industrial yang harmonis dan produktif ini, Bank BJB akan menjadi 10 bank terbesar dan berkinerja baik di Tanah Air,’’ ujar Irfan di Bali, Kamis (17/11).

 Irfan menjelaskan, keberadaan Sekar sangat mendorong sumber daya manusia (SDM) Bank BJB menjadi lebih produktif dan kompeten. Kata dia, hubungan produktif ini merupakan wujud implementasi good corporate governance (GCG) di tubuh Bank BJB.

Harmonisasi hubungan manajemen dan Sekar Bank BJB selama ini banyak membuahkan hasil yang positif. Di antaranya, pertumbuhan laba bersih Bank BJB pada bulan September 2016 mencapai 55,6 persen year on year (y-o-y), melebihi rata-rata pertumbuhan bank nasional.

Selain itu, sambung Irfan, di periode yang sama Bank BJB berhasil mencatatkan pertumbuhan kredit hingga 15,7 persen (yoy) dan berhasil menurunkan rasio kredit bermasalah (NPL) menjadi sebesar 1,7 persen. Pencapaian itu tidak lepas dari kualitas SDM yang dimiliki oleh Bank BJB yang mencapai 7.535 karyawan.

Pihaknya pun mendorong seluruh karyawan Bank BJB untuk menjadi anggota Sekar Bank BJB. Saat ini, jumlah anggota Sekar Bank BJB sudah mencapai sekitar 5.500 karyawan. ‘’Kita wajibkan menjadi anggota Sekar,’’ tambahnya.

Ketua Umum Sekar Bank BJB Juniardi Swastria mengatakan, Sekar Bank BJB sangat mendukung visi Bank BJB dalam menjadi 10 bank terbesar dan berkinerja baik di Tanah Air. Menurut dia, antara visi Sekar dan perusahaan sangat selaras.

‘’Kami memiliki tujuan satu, yakni memajukan perusahaan. Satu untuk Bank BJB,’’ papar dia. Pihaknya optimistis, hubungan industrial antara karyawan dan perusahaan akan membuahkan hasil yang lebih baik. Pihaknya pun mengapresiasi manajemen yang sangat terbuka dalam membuka komunikasi dengan karyawan.

Kata Juni, panggilan Juniardi Swastria, kemajuan Bank BJB sangat terasa dampak positifnya bagi karyawan. Oleh karena itu, kemajuan bisnis Bank BJB merupakan kemajuan Sekar Bank BJB juga. Oleh karena itu, pihaknya tidak akan berhenti mendorong seluruh anggotanya untuk terus menjadi SDM yang profesional dan kompeten.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement