Selasa 25 Oct 2016 13:18 WIB

Bank Dunia: Tahun Depan Ekonomi RI Tumbuh 5,3 Persen

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Pertumbuhan Ekonomi (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan
Pertumbuhan Ekonomi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Dunia mencatat pergerakan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2016 menunjukkan optimisme untuk terus bertambah hingga tahun 2017. Bank Dunia memproyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia atau produk domestik bruto (PDB) bisa mencapai 5,3 persen pada 2017.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia, Rodrigo Chaves mengatakan, meski pemerintah mengatakan kekurangan penerimaan negara sebesar Rp 219 triliun pada 2016, namun penghematan dan penerimaan pajak yang didapat pada 2016 ini bisa menjadi bekal cadangan fiskal Indonesia untuk menempuh pertumbuhan ekonomi tahun depan.

Rodrigo mencatat, pemotongan anggaran sebesar Rp 134 triliun dari APBN-P 2016 dan meningkatnya defisit fiskal sebesar 2,7 persen bisa mengurangi kemungkinan pemotongan anggaran pada pertengahan 2017. Bank Dunia memproyeksikan defisit fiskal Indonesia bisa mencapai 2,6 persen terhadap PDB 2016 dan 2,8 persen dari PDB 2017.

"Namun, memang menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah Indonesia untuk tetap menjaga iklim investasi dan melakukan kinerja dengan skala prioritas," ujar Rodrigo di Jakarta, Selasa (25/10).

Rodrigo menjelaskan, pertumbuhan ekonomi tahun ini dan tahun depan sangat bergantung pada meningkatnya kontribusi dari investasi swasta. Hal ini perlu didukung dengan penurunan biaya pinjaman, anggaran pemerintah yang harus lebih kredibel dan pengubahan iklim investasi.

"Nilai rupiah harus stabil, Indonesia juga harus berhati-hati dalam melakukan alokasi belanja negara," ujar Rodrigo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement