Sabtu 17 Sep 2016 06:10 WIB

‘Kompetensi SDM Kunci Penggerak Pertumbuhan Ekonomi’

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Andi Nur Aminah
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto
Foto: Antara/ Widodo S. Jusuf
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto optimistis Indonesia akan menjadi negara maju dalam satu dekade ke depan. Kunci suksesnya adalah generasi muda yang giat belajar dan berkomitmen tampil unggul sehingga mampu menghadapi persaingan global.

“Majunya Indonesia, membutuhkan generasi muda yang selalu siap untuk maju dan bersaing. Untuk bisa siap bersaing, maka perlu committed to excellence,” kata Airlangga dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/9).

Apalagi, Airlangga menagtakan dunia industri saat ini memerlukan tenaga kerja yang terampil dan kompeten. Hal ini sejalan dengan upaya peningkatan daya saing dan nilai tambah produk yang dihasilkan agar diminati pasar yang kian terbuka.

“Kita ketahui, sektor industri merupakan motor penggerak utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Oleh karenanya, diperlukan kompetensi sumber daya manusia (SDM) yang sesuai kebutuhan industri saat ini,” ujar dia.

Berdasarkan perhitungan Kementerian Perindustrian, dengan target pertumbuhan industri nasional sebesar lima hingga enam persen per tahun, sektor industri memerlukan tenaga kerja sebanyak 600 ribu orang setiap tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement