Kamis 25 Aug 2016 16:29 WIB

Investor Jepang Berencana Bangun Peternakan Sapi di Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah
Peternakan sapi perah (ilustrasi)
Foto: Umar Mukhtar
Peternakan sapi perah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bidang peternakan menjadi salah satu potensi unggulan investasi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pasalnya, sejumlah investor baik dalam maupun luar negeri melirik Sukabumi untuk mengembangkan usaha peternakan.

"Peternakan di Sukabumi mulai dilirik para investor," ujar Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Sukabumi Iwan Karmawan kepada Republika.co.id Kamis (25/8). Contohnya salah satu anak perusahaan otomotif asal Jepang yang berencana membuat peternakan sapi perah di Sukabumi.

Informasi yang diperoleh, Iwan mengatakan perusahaan Jepang tersebut akan membuat peternakan sapi perah di Kecamatan Kabandungan. Lahan yang tengah dipersiapkan mencapai kisaran 25 hektare hingga 40 hektare. Rencananya jumlah sapi perah yang akan dikembangkan di sana mencapai sebanyak 5.000 ekor.

Iwan mengatakan pembangunan peternakan sapi perah ini rencana akan dilakukan pada 2017 mendatang. Proses pembangunan lanjut dia mengacu pada rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Sukabumi.

Selain perusahaan Jepang, Iwan menyebut ada badan usaha milik negara (BUMN) yang juga berencana membangun peternakan sapi potong di Sukabumi. Namun, saat ini masih dicari lokasi yang cocok untuk pengembangan usaha tersebut.

Iwan mengungkapkan, peternakan sapi juga berkembang di Kecamatan Sukalarang. Di mana, salah satu perusahaan peternakan sapi perah sudah beroperasi di sana. "Saat ini perusahaan peternakan sapi perah di Sukalarang juga akan mengembangkan usahanya lebih besar," katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement