Selasa 02 Aug 2016 18:37 WIB

Aladdin Group Siap Promosikan Produk Halal Indonesia

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nidia Zuraya
Produk dengan label halal terpajang di salah satu supermarket di Jakarta, Selasa (23/9). (Republika/Prayogi).
Foto: Republika/Prayogi
Produk dengan label halal terpajang di salah satu supermarket di Jakarta, Selasa (23/9). (Republika/Prayogi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aladdin Group akan meluncurkan PT Aladdin DotKom Indonesia pada kuartal ini untuk mempromosikan produk-produk berkualitas premium dan halal e-marketplace melalui dua platform e-commerce.

Chairman PT Aladdin DotKom Indonesia Achmad Raiwan Amin mengatakan,  dengan mempromosikan bisnis halal Indonesia melalui platform e-commerce Aladdin Group diharapkan  dapat mengkonsolidasikan ekonomi halal cepat tumbuh tapi terfragmentasi di domestik dan juga global.

"Dengan ini kami bertujuan untuk mendorong label keamanan pangan halal dan higienis ke level atas untuk memberi manfaat baik masyarakat Indonesia dan maupun global pada lebih luas,"ujar Acmad Raiwan dalam World Economy Islamic Forum di Jakarta, Selasa (2/8).

Kedua platforn e-commerce tersebut yakni http://www.aladdinstreet.id dan http://www.aladdinstreet.com. Link http://www.aladdinstreet.id merupakan platform e-commerce domestik yang berfokus pada e-marketplace domestik yang menyediakan akses pasar lokal untuk UKM dan bisnis untuk lebih melayani masyarakat setempat.

Sedangkan link http://www.aladdinstreet.com adalah platform e-commerce internasional yang akan menyediakan platform global tunggal untuk bisnis, produsen dan pedagang untuk terlibat dalam perdagangan lintas batas secara efisien dan efektif mengambil produk dan jasa Indonesia ke pasar global.

Achmad menjelaskan, Aladdinstreet.id pada tahap awal usahanya difokuskan pada pasar Muslim yang berkembang dan yang didirikan di Indonesia. Pasar muslim di Indonesia komposisinya sebesar 88 persen dari penduduk negara yang lebih dari 260 juta.

"Selain itu kami juga memperluas untuk mencakup produk-produk berkualitas premium lainnya dan jasa yang tidak memerlukan sertifikasi halal tetapi dituntut memiliki keamanan dan kualitas sertifikasi industri yang diperlukan ini seperti SGS, SQE, ISO, GMP, HACCP, dan sebagainya," tutur Achmad.

Menurutnya, permintaan produk halal dan berkualitas premium dari negara-negara non-Muslim seperti Cina, Eropa, Jepang, Amerika Serikat sedang meningkat. Karena standar halal memperoleh pengakuan yang lebih luas dan penerimaan berdasarkan keamanan pangan dan kebersihannya.

Sebagai rumah bagi lebih dari 205 juta muslim, kata Achmad, Indonesia harus memanfaatkan pada fakta dan posisi untuk mengambil tantangan mempromosikan standar keamanan pangan dan kebersihan halal yang diakui dan diterima oleh masyarakat global kelas dunia.

Pihaknya yakin dengan kedua platform tersebut,  mereka memiliki posisi terbaik  di kedua sisi domestik dan internasional dengan memanfaatkan pada Aladdin Group jaringan global joint-venture kantor di lebih dari 30 negara di Tahap 1. Negara-negara seperti Cina, India, ASEAN, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Timur Tengah, Iran, Pakistan, Inggris, Eropa, dan Amerika Serikat  yang meliputi populasi global sekitar 4 miliar konsumen.

Pabrik Indonesia, produsen, distributor, pedagang dan bisnis berpartisipasi dalam Aladdinstreet.id dan Aladdinstreet.com akan dapat mengakses dan memperluas ke pasar dunia untuk mempromosikan dan kualitas premium pasar produk dan jasa Indonesia.

"Kami berharap dengan kedua platform ini dapat memperluas produk halal berkualitas premium milik Indonesia," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement