Jumat 29 Jul 2016 19:04 WIB

Reshuffle Direspons Positif Bisa Jadi Sentimen Dorong Investasi

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Reshuffle jilid 2
Foto: setkab.go.id
Reshuffle jilid 2

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengatakan, reshuffle kabinet mempunyai dampak positif terhadap sentimen investasi. Oleh karena itu, BKPM akan melakukan berbagai upaya percepatan pelayanan investasi dan mendukung kebijakan-kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah.

 

"Saya melihat reshuffle sebagai langkah yang sangat dahsyat. Respons pasar dan investor sangat positif sehingga diharapkan bisa mendorong sentimen investasi," ujar Thomas di Jakarta, Jumat (29/7).

Selain itu, menurut Thomas, BKPM akan gencar melakukan promosi dan memfasilitasi investor terutama yang terkait dengan kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty. Thomas mengatakan, BKPM masih terus mematangkan pemberian kemudahan layanan investasi bagi peserta pengampunan pajak. Dalam skema investasi yang disiapkan, peserta pengampunan pajak yang ingin menyalurkan dananya melalui penanaman modal akan didampingi oleh account officer BKPM.

Para peserta pengampunan pajak tersebut nantinya akan mendapatkan pelayanan seperti izin 3 jam, pemberian fasilitas bea masuk, percepatan jalur hijau, serta dimungkinkan untuk mendapatkan tax holiday, dan tax allowance. Namun demikian, pelayanan bagi peserta pengampunan pajak tersebut hanya terbatas pada investasi infrastruktur, sektor riil prioritas, dan investasi lainnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Azhar Lubis mengatakan, BKPM belum akan membuka desk khusus bagi peserta pengampunan pajak yang ingin berinvestasi. BKPM masih ingin memantau terlebih dahulu sejauh mana animo para peserta pengampunan pajak untuk menyalurkan dana repratiasi ke investasi sektor riil, infrastruktur, maupun investasi lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement