Rabu 15 Jun 2016 12:40 WIB

BTPN Targetkan 75 Ribu Agen Laku Pandai

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nidia Zuraya
 Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN)
Foto: Antara
Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) menargetkan sebanyak 75 ribu agen Laku Pandai BTPN Wow hingga Maret 2017 mendatang atau dua tahun setelah program ini diluncurkan. Saat ini jumlah agen program ini telah mencapai 32 ribu agen dengan jumlah nasabah sebanyak 480 ribu orang.

Chief marketing BTPN Wow, Luhur Budijarso mengatakan, saat ini agen yang bertugas menghimpun dana basic saving account ini telah tersebar hingga Sumatera.

"Masih mayoritas di Pulau Jawa. Sebanyak 30 persen agen di Jawa Barat. Sumatera sudah mulai dikembangkan infrastrukturnya," ujar Luhur Budijarso di Jakarta, Selasa (14/6) malam.

Luhur menjelaskan, untuk mengembangkan program ini diperlukan infrastuktur teknologi informasi terebih dahulu. Kemudian edukasi bagi para agen. Sehingga, BTPN Wow ini lebih berkembang di Pulau Jawa dibandingkan daerah Bali, Nusa Tenggara, Sumatera maupun pulau-pulau lainnya.

Tujuan program ini adalah menjangkau masyarakat yang belum mendapatkan akses layanan perbankan. Masyarakat demikian biasa ditemui di daerah-daerah terpencil. Namun, di perkotaan pun menurutnya banyak masyarakat yang tidak tersentuh layanan perbankan.

Hal ini dikarenakan ada minimal saldo tabungan jika menabung di kantor cabang bank. Sedangkan dengan program BTPN Wow ini, masyarakat dapat menabung dengan nominal kecil, bahkan Rp 500. Selain itu, kata Luhur, banyak masyarakat kecil yang segan masuk ke bank karena minder dengan penampilan mereka.

"Pergi ke bank aja udah pakai ongkos. Terus mereka minder, pakaian satpam aja lebih rapi. Kalau dengan BTPN Wow kan mereka langsung nabung ke agen yang dekat dari rumah mereka, Rp 500 juga bisa," tutur Luhur.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement