Rabu 04 May 2016 20:12 WIB

Indonesia-Timor Leste Jalin Kerja Sama Industri

Menteri Perindustrian Saleh Husin dan Menteri Perdagangan, Perindustrian, dan LH Timor Leste Constâncio Da Conceição Pinto tanda tangani Memorandum Kesepakatan Kerja Sama Teknik Industri.
Foto:
Delegasi Timor Leste berfoto bersama dengan Menteri Saleh Husin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dirjen Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan, hal yang mendasar dan melatar belakangi digagasnya kerjasama bilateral Indonesia_Timor Leste, yaitu untuk mengimplementasikan Deklarasi New Asian-African Strategic Partnership (NAASP) yang telah dihasilkan pada Pertemuan Tingkat Kepala Negara (Asian African Summit) pada 22-23 April 2015 di Bandung.

Menurutnya, kerjasama ini sinergis dengan program Nawacita dan Agenda Pembangunan Nasional yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 Pemerintahan Jokowi-JK, dimana terdapat program memperkuat peran dalam kerja sama global dan regional.

“Sasaran yang ingin dicapai, yaitu meningkatnya pelaksanaan kerjasama pembangunan Selatan-Selatan dan Triangular, serta meningkatnya peran Indonesia dalam forum multilateral seperti WTO, Kerjasama Pembangunan Selatan-Selatan dan Triangular (KSST) dan lain-lain,” sebutnya.

“Kegiatan itu meliputi pelaksanaan program capacity building dan kerja sama teknik lainnya. Sebagai wujud komitmen tersebut dalam mapping KSST yang disusun oleh Kementerian Luar Negeri Indonesia telah memasukkan Republik Demokratik Timor Leste dalam daftar kerja sama KSST Indonesia,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement