Sabtu 26 Mar 2016 20:42 WIB

Blok Masela Momentum Jokowi Bersihkan Neolib

Blok Masela
Foto: blogspot.com
Blok Masela

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal pengolahan kilang gas Blok Masela di darat menjadi momentum untuk membersihkan pemerintahan. Terutama, dari kalangan neolib di sekitar presiden yang bisa menjerumuskan presiden ke pelanggaran konstitusi dan tindak pidana korupsi.

“Presiden niscaya akan menggunakan momentum Blok Masela ini untuk membersihkan pemerintahan dari kaum neolib, yang nyaris menjerumuskannya ke skandal pelanggaran Konstitusi berat dan tindak pidana korupsi,” kata Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhi M Massardi, Sabtu (26/3).

Adhi mengatakan, jika presiden memaksimalkan momentum Blok Masela ini untuk menggusur kekuatan kaum fundamentalis pasar (neolib) dari pemerintahan, maka pemerintah tidak perlu lagi bergaduh-gaduh dahulu untuk menjalankan (ekonomi) Konstitusi yang selalu diteriakkan Rizal Ramli, dan Nawacita serta Trisakti yang dijanjikan Presiden selama ini. 

Selain itu, Adhi mengistilahkan keputusan presiden ini  akan menimbulkan gempa politik yang berdampak tsunami bagi kelompok neolib di pemerintahan. Terutama yang sekarang menguasai sektor energi dan sumberdaya mineral. 

Menurut Adhi,   pilihan presiden jelas dan lugas.” Bukan perkara teknologi dan perhitungan keekonomian yangnjelimet dan pasti mengundang perdebatan tiada habis-habisnya. Tapi dasarnya logika dan akal sehat yang berbasis konstitusi,” katanya. 

Dia juga mengatakan, setelah dua tahun memerintah, dengan kasus Blok Masela ini presiden jadi lebih memahami bahwa untuk menjalankan logika dan akal sehat berbasis konstitusi itu ternyata memerlukan energi besar dan kehati-hatian. Karena kekuatan kaum neolib di pemerintahan memang sangat kuat dan dominan, terutama di sektor energi dan sumber daya mineral.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement