Selasa 23 Feb 2016 10:15 WIB

OJK: Baru Satu Bank Syariah Siap Jalankan Program Laku Pandai

Rep: c37/ Red: Nidia Zuraya
Program laku Pandai Bank BRI
Foto: Budi Raharjo/Republika
Program laku Pandai Bank BRI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain sembilan bank konvensional, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sedang mempersiapkan bank syariah untuk ikut serta dalam program Laku Pandai. Untuk bank syariah, OJK menyebut BRI Syariah yang sudah siap untuk program ini.

"Laku Pandai ada BRI Syariah," kata Deputi Komisioner Pengawas Perbankan OJK, Mulya Effendi Siregar di Jakarta, Senin (22/2).

Program Laku Pandai merupakan program layanan jasa keuangan yang menerapkan basic saving account di daerah terpencil yang sulit dalam hal akses ke kantor cabang bank. Selain BRI Syariah, Mulya menyebut belum ada lagi bank syariah yang sudah bisa menjalankan program ini. "Untuk tahun ini belum tahu,"ujarnya singkat.

Sebelumnya, Direktur Grup Pengawas Spesial III OJK, Jasmi mengatakan, OJK membuka peluang bagi seluruh lembaga keuangan perbankan untuk mengikuti program ini. Namun, OJK tetap harus menyeleksi bank mana saja yang dapat ikut serta. Menurut Jasmi ada beberapa standarisasi yang harus dipenuhi oleh bank-bank tersebut.

"Baik dari kesiapan infrastruktur, termasuk di perbankan syariah termasuk agen-agennya juga, dan kita lihat kalau mereka sudah siap bisa dilakukan," jelasnya.

Untuk bank syariah, kata Jasmi, OJK sedang mempersiapkan dan masih mengecek standarisasi bank-bank syariah tersebut untuk dapat menjalankan Laku Pandai. Namun, ia masih enggan menyebutkan berapa jumlah bank syariah yang saat ini masih dalam proses pengecekan standarisasi dan perizinan laku pandai.

"Bank syariah sedang dipersiapkan. Mana yang siap dulu aja. Mau mereka siap dulu dan kita lihat, kalau udah oke ya udah jalan,"katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement