Rabu 27 Jan 2016 13:47 WIB

Menkeu: Strategi Ekspor RI ke Cina Harus Diubah

Red: Nur Aini
Kapal Kargo pengangkut kontainer komiditi ekspor (ilustrasi)
Foto: sustainabilityninja.com
Kapal Kargo pengangkut kontainer komiditi ekspor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan Indonesia harus mengubah pendekatan ke Cina dengan tidak lagi melakukan ekspor komoditas, namun ekspor barang jadi atau konsumsi agar perekonomian tidak lagi mengalami kelesuan.

"Kita harus mengubah strategi ekspor ke Cina, dari ekspor komoditas, ke ekspor barang jadi atau konsumsi," kata Menkeu dalam seminar di Jakarta, Rabu (27/1).

Menkeu menjelaskan strategi itu harus diupayakan karena saat ini Cina yang sedang mengalami perlambatan telah mengubah pendekatan ekonomi dari yang berbasis investasi menjadi berbasis konsumsi. Perubahan pendekatan yang tidak lagi mengandalkan sektor investasi itu, kata dia, dilakukan karena Cina telah memiliki banyak sarana infrastruktur yang memadai seperti jalan tol dan pembangkit listrik.

Namun, pendekatan ekonomi yang berubah telah menyebabkan berkurangnya permintaan komoditas dari Cina, dan memengaruhi ekspor dari negara penghasil sumber daya alam seperti Indonesia. "Ekspor kita malah menurun, bahkan sepanjang 2015 tercatat negatif karena berkurangnya permintaan dari Cina dan turunnya harga komoditas global. Untuk itu, kita perlu mengubah strategi ekspor," ujar Menkeu.

Menkeu mengatakan Indonesia bisa belajar dari negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand yang selama ini melakukan ekspor barang jadi dan konsumsi ke Cina, sehingga ekspornya justru meningkat dalam situasi perlambatan seperti sekarang. "Mereka bukan negara penghasil sumber daya alam seperti kita, jadi ketika Cina melambat dan mengubah dari investasi ke konsumsi, ekspor negara-negara itu meningkat. Ini ironis, padahal Cina melambat. Mereka sudah berada on the right track," katanya.

Menkeu menambahkan menjaga hubungan ekonomi dengan Cina dan mengubah strategi ekspor sangat penting bagi Indonesia, karena Cina saat ini merupakan salah satu negara dengan Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar di di dunia.

"Tiongkok saat ini mempunyai PDB terbesar kedua di dunia, dan Indonesia berpotensi masuk sepuluh besar ekonomi dunia. Makanya kalau hubungan Indonesia-China makin kuat, dampaknya tidak hanya untuk kedua negara tapi juga secara global," jelas mantan Dekan FE UI ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement