Selasa 12 Jan 2016 15:32 WIB

TKI Berpotensi Tingkatkan Ekspor Produk Lokal

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Tenaga Kerja Indonesia (TKI).
Foto: Antara
Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan Thomas Lembong mengatakan, pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dapat berpeluang untuk meningkatkan ekspor produk lokal. Menurut Thomas, produk yang memiliki peluang yakni makanan dan minuman serta produk fashion.

Menurut Thomas, TKI yang bekerja di luar negeri secara tidak langsung berperan untuk mengenalkan kuliner Indonesia di sekitar lingkungannya. Dari hal tersebut, diharapkan dapat terjadi peningkatan permintaan ekspor produk makanan dan minuman.

"Kalau kita lihat popularitas makanan Thailand, maka saya optimistis kuliner Indonesia juga bisa menjadi populer di luar negeri," ujar Thomas di Jakarta, Selasa (12/1).

Thomas menjelaskan, selama ini ekspor makanan dan minuman Indonesia cenderung naik ketimbang ekspor komoditas lainnya. Sementara itu, Thomas juga optimistis produk fashion Indonesia juga dapat meningkat karena para desainer Indonesia memiliki kreativitas yang mumpuni.

"Desainer Indonesia sudah canggih untuk memadukan desain tradisional dan modern, terutama untuk fashion muslim," kata Thomas.

Kementerian Perdagangan telah menandatangani nota kesepahaman dengan BNP2TKI yang mencakup penyebarluasan informasi potensi dan peluang kerja bagi TKI formal di dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu, nota kesepahaman juga berisi pertukaran data dan informasi terkait promosi tenaga kerja Indonesia formal melalui kerja sama perdagangan internasional di bidang ketenagakerjaan pada forum kerja sama multilateral, regional, dan bilateral.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement