Senin 11 Jan 2016 23:32 WIB

Industri Kreatif Butuh Inovasi dan Kolaborasi

Peserta pameran industri kreatif menunjukan hasil kerajinannya dalam pameran produk ungulan di Kementerian Perindustrian.
Foto: Republika/Prayogi
Peserta pameran industri kreatif menunjukan hasil kerajinannya dalam pameran produk ungulan di Kementerian Perindustrian.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Ketua Asosiasi Industri Kreatif Depok (AIKD) Ade Supriyatna mengatakan untuk mengembangkan industri kreatif di Kota Depok, Jawa Barat, dibutuhkan inovasi dan kolaborasi sehingga bisa membuat kota berikon belimbing ini bisa menjadi lebih maju.

"Kami mengedepankan inovasi produk dan berharap adanya kolaborasi positif dengan semua pihak untuk semakin memajukan industri kreatif di Kota Depok," kata Ade Supriyatna di Depok, Senin (11/1).

Ia mengatakan inovasi digunakan saat proses kreatif membuat produk dan strategi pemasaran yang dapat mendatangkan omzet besar, sedangkan kolaborasi adalah jika bisa mengombinasikan berbagai unsur untuk menciptakan sesuatu yang baru bagi kemajuan industri kreatif.

"Kolaborasi yang dimaksud yakni adanya sinergi antara akademisi, pemerintah, bisnis yang dapat merangsang wirausaha muda baru, dan kekuatan komunitas dengan jaringan wirausaha baik yang menggeluti hobi maupun yang lahir dari proses kreativitas," katanya.

Ia mengatakan banyak peran yang dapat dilakukan keempat unsur tersebut dalam rangka mengembangkan ekonomi kreatif di Depok. Unsur akademisi dapat mendukung perkembangan industri kreatif dengan memasukkan creative thinking and skill ke dalam kurikulum pendidikan, sehingga akan lahir jiwa-jiwa enterpreneur dan kreativitas membuat sebuah produk mulai dari usia dini.

Sementara unsur pemerintah diharapkan mampu membuat regulasi dan pelayanan yang memudahkan wirausaha, memberikan ruang terbuka sebagai fasilitas kolaborasi komunitas, serta perumusan sektor unggulan yang inline dengan city branding.

"Kami bersyukur Pemkot Depok telah banyak memberikan masukan dan sering memberi kami kesempatan memperkenalkan produk kami melalui pameran-pameran yang diadakan oleh beberapa dinas yang memang sering memberikan kami pendampingan serta pembinaan," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement