Kamis 07 Jan 2016 00:14 WIB

Mendag Klaim Harga Komoditas Pangan Segera Turun

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Pekerja sedang mengatur karungan beras di pasar induk, Jakarta, Rabu (30/12).    (Republika/Tahta Aidilla)
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Pekerja sedang mengatur karungan beras di pasar induk, Jakarta, Rabu (30/12). (Republika/Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan Thomas Lembong optimistis harga komoditas pangan di awal 2016 mulai menurun. Menurutnya, kenaikan harga komoditas harga ayam, telur, dan cabai akan reda lagi dalam beberapa pekan ke depan.

"Lonjakan harga hanya sementara karena berkaitan dengan akhir tahun dan liburan," ujar Thomas di Jakarta, Rabu (6/1).

Thomas menjelaskan, lonjakan harga yang terjadi hanya bersifat sementara dan saat ini sudah banyak daerah sentra produksi yang melakukan panen raya. Thomas optimistis bahwa kebijakan yang dibuat oleh pemerintah saat ini semakin kondusif untuk memerangi inflasi.

Thomas mengaku optimistis bahwa perekonomian Indonesia pada 2016 akan lebih baik. Hal ini didukung dengan pulihnya perekonomian di Amerika Serikat dan Eropa, sehingga kondisi ini harus dimanfaatkan oleh Indonesia. Menurut Thomas, di tengah kelesuan harga komoditas, maka pelaku usaha Indonesia harus mengubah model bisnisnya. Thomas mengatakan, ke depan salah satu model bisnis yang menjanjikan yakni e-commerce dan teknologi digital.

"Jadi kita mesti progresif dan modern, serta makin giat untuk menjalin hubungan dagang dan menggarap peluang bisnis ke dunia internasional," kata Thomas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement