Kamis 10 Dec 2015 17:35 WIB

Rini Nilai Sinergi BUMN tak Harus Merger

Rep: Sapto Andika Candra / Red: Nur Aini
Jaringan Pipa Gas, Pertagas (Pertamina Gas)
Foto: ROL/Agung Sasongko
Jaringan Pipa Gas, Pertagas (Pertamina Gas)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Rini Soemarno mengungkapkan, membangun sinergi antara BUMN tidak harus melalui merger perusahaan. Sinergi tersebut dilakukan agar kinerja antara BUMN bisa selaras dan lebih efisien.

"Bukan berarti merger. Tapi, jangan sampai Pertagas bangun pipa Pertagas juga bangun di jalur yang sama. Buat apa itu kan investasi yang dobel," kata Rini saat menutup Forum BUMN di Hotel Dharmawangsa Jakarta, Kamis (10/12).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menekankan adanya sinergi antar-Badan Usaha MIlik Negara (BUMN). Salah satu yang paling santer dibahas adalah sinergi antara Pertagas dengan PGN.

Rini mencontohkan kejadian yang dialami oleh Pertagas dan PGN. Keduanya, kata Rini, sama-sama membangun jaringan pipa. Akibatnya, di sejumlah wilayah jaringan pipa terbangun ganda. Rini menilai, apabila keduanya melakukan sinergi maka pembagunan pipa justru bisa lebih panjang dan menguntungkan.

"Jalur pipa kita sekitar 1.600 km, kalau tidak dobel mungkin bisa jadi 4.000 km. Semua rumah di Indonesia bisa tersambung gas. Jangan melakukan hal yang untuk tujuan sama. Sharing aja," kata Rini.

Saat ini tercatat ada 199 BUMN di seluruh Indonesia dengan anak perusahaan yang jumlahnya lebih dari 700 perusahaan. Dari angka itu, Rini menilai banyak di antara satu perusahaan dengan yang lainnya memiliki unit bisnis yang sama. Kondisi tersebut yang perlu dilakukan sinergi.

"Apa yang dimiliki Pertamina mungkin BUMN kain juga punya. Untuk memperkuat pilar kita perlu sinergi, untuk memperkuat cost," ujar Rini.

Baca juga: Pemerintah Cari Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement