Rabu 25 Nov 2015 23:02 WIB

Ini Langkah Rosan Roeslani untuk Kadin Indonesia

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ketua Umum Kadin periode 2015-2020 Rosan P Roeslani.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Ketua Umum Kadin periode 2015-2020 Rosan P Roeslani.

Hal lainnya yang akan dilakukan Rosan yakni memperjuangkan produk unggulan Indonesia yakni kelapa sawit atau CPO. Sampai saat ini, Indonesia merupakan penghasil sawit terbesar  namun masih belum bisa menentukan harga di dunia. Menurut Rosan, semestinya sudah saatnya Indonesia bisa menentukan harga CPO dunia.

“Saya akan maksimal berupaya bahwa dunia mengetahui dan mengerti bahwa para pengusaha kelapa sawit Indonesia telah cukup lama merubah praktik bisnisnya menjadi praktik bisnis yang sustainable dan berkelas dunia,” kata Rosan.

Terobosan lain yang akan dilakukan oleh Rosan yakni memberikan perhatian kepada industri kreatif dan bisnis start up. Pasalnya, kedua industri ini merupakan modal perekonomian nasional di masa mendatang.

Rosan mengatakan, saat ini bisnis start up sudah banyak bermunculan dan mampu menarik investasi yang besar yakni mencapai 800 juta dolar AS. Menurut Rosan, beberapa dari bisnis start up sudah membuktikan diri sebagai juara-juara dunia dalam hal penciptaan nilai.

"Sebut saja Bukalapak.com, Gojek, Kaskus, Zalora, dan Hijup.com, rata-rata memulai usaha lima tahun lalu dengan modal sekitar 200 ribu dolar AS, dan saat ini usaha mereka sudah bernilai antara 200 juta – 500 juta dolar AS," kata Rosan.

Industri lainnya yakni mengintegrasikan sektor hulu ke hilir seperti industri kertas, telekomunikasi, dan sepatu. Dengan demikian, dominasi pasar domestik bisa terbangun, dan peluang masuk ke pasar internasional menjadi semakin terbuka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement