Rabu 04 Nov 2015 19:32 WIB

Pemerintah: Tarif Listrik Pelanggan 450 VA tidak Akan Naik

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Nidia Zuraya
Petugas sedang memeriksa jaringan listrik.
Foto: Antara
Petugas sedang memeriksa jaringan listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri ESDM Sudirman Said memastikan tarif listrik bagi pelanggan 450 VA tak akan naik setidaknya sampai enam bulan ke depan. Sementara bagi pelanggan 900 VA, Sudirman mengatakan belum ada keputusan apakah tarif akan naik atau tidak. 

Menurut Sudirman, Kementerian ESDM dan PT PLN (Persero) baru akan melakukan kajian terhadap tarif untuk golongan pelanggan 900 VA.

"Yang 450 tidak ada kenaikan. Kalau yang lain itu nanti tergantung datanya," kata Sudirman usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Rabu (4/11).

Dalam enam bulan ke depan, Kementerian ESDM dan PLN akan melakukan penyisiran data pelanggan listrik 450 VA dan 900 VA. Data itu kemudian akan dicocokkan dengan data warga miskin dan rentan miskin yang dimiliki (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Sudirman mencontohkan, PLN mencatat ada 22 juta masyarakat yang menjadi pelanggan listrik 450 VA. Sementara TNP2K mencatat jumlah penduduk miskin hanya 15 juta rumah tangga. Data ini lah yang akan dicek ulang.

"Ada hal yang mesti direkonsiliasi. Oleh presiden diminta yakinkan dulu agar datanya akurat, baru pikirkan kebijakan selanjutnya," ucap dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement