Kamis 22 Oct 2015 18:51 WIB

Inilah Gedung Hemat Energi di TB Simatupang

South Quarter di kawasan TB. Simatupang,Jakarta Selatan.
Foto: dok. Intiland
South Quarter di kawasan TB. Simatupang,Jakarta Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- JAKARTA -- Keberadaan pusat perkantoran modern kini tidak hanya menawarkan nuansa sejuk yang menggunakan perangkat penyejuk ruangan saja. Keberadaan ruang hijau terbuka menjadi pilihan utama sejumlah pengembang gedung dalam menciptakan rasa nyaman yang alami bagi para penghuninya.

Nuansa itu terasa dari sosok bangunan South Quarter (SQ), gedung perkantoran yang berada di kawasan TB Simatupang Jakarta Selatan. Diatas lahan seluas 7,2 hektar ini berdiri lima gedung dengan disain arsitektur unik, menyerupai keranjang rotan yang biasa dibawa ke pasar. Kelima bangunan yang dirancang tidak memiliki sudut ini mengitari sebuah bangunan lainya yang lebih kecil. Bangunan kecil dengan atap berbentuk kubah ini berada di tengahnya, diantara kelima bangunan tersebut. 

Menurut CEO Leads Propety, Hendra Hartono, selaku agen penjualan proyek perkantoran tersebut,  disain bangunan SQ hanya menempati sekitar 20 persen  saja dari luas lahan yang tersedia. Selebihnya digunakan bagi penghijauan dan sirkulasi aktivitas para pekerja kantor. "Kami ingin menciptakan nuasan perkantoran yang asri dan nyaman," katanya, Rabu (21/10). 

Selain dipadati fasilitas penghijauan, kelima gedung setinggi 20 lantai itu, juga dirancang hemat energi. Sinar matahari masuk ke dalam ruangan secara tidak langsung karena ada shaidng. Sehingga membuat udara di dalam ruangan tidak terlalu panas. Selain itu kelima gedung unik tersebut juga dilengkapi dengan double glass dan sejenis kisi kisi sebagai penahan panas. 

Cara ini mampu mengurangi panas yang masuk ke dalam gedung, namun tetap mendapatkan pencahayaan alami secara maksimal. Sehingga mampu menghemat listrik penyejuk ruangan.  "Ini solusi bagi gedung perkantoran yang membutuhkan energi listrik yang besar," kata Hendra.

Kawasan perkantoran ini juga telah menerapkan pengelolaan dan penggunaaan ulang air limbah dan air hujan. Dengan pengelolaan modern, kedua jenis air tersebut dapat digunakan ulang bagi penyiraman tanaman, pembersih toilet, atau keperluan lainnya. SQ juga dilengkapi dengan fasilitas parkir sepeda yang mampu menampung 300 sepeda. Bahkan fasilitas mandi yang dilengkapi shower juga disediakan guna melayani kalangan pecinta bike to work. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement