Kamis 15 Oct 2015 22:47 WIB

Korban Pemecatan Kini Bisa Ajukan KUR

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Ilham
Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI
Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah memperluas cakupan yang berhak mengajukan peminjaman kredit usaha rakyat (KUR). Inklusifitas itu kini mulai dari calon tenaga kerja Indonesia (TKI), anggota keluarga buruh atau karyawan, sampai dengan buruh yang terkena pemecatan.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, karena daftar berhak KUR sebelumnya terbatas, bank penyalur KUR banyak yang yang tidak berani mendistribusikan KUR kepada golongan di luar daftar penerima. Karena itu, KUR kini dapat diberikan kepada perorangan atau karyawan yang melakukan kegiatan atau usaha produktif.

Darmin mencontohkan, KUR bisa diberikan kepada calon TKI untuk membiayai keluarga. Alasannya, keluarga mereka memerlukan biaya untuk bulan-bulan awal ditinggalkan dan untuk membayar cicilan.

Dia melanjutkan, KUR juga bisa diberikan kepada anggota keluarga dari buruh dan karyawan tetap dan melakukan usaha produktif. Selain itu juga bisa diberikan kepada korban pemecatan. ''Diberikan kepada buruh yang terkena PHK,'' kata dia dalam konferensi pers paket kebijakan ekonomi jilid empat, Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (15/10).

Selain itu, buruh sederhana yang sedang melakukan kegiatan produktif juga bisa mengajukan KUR. Lalu, TKI yang purnah bekerja di luar negeri kemudian membuka usaha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement