Sabtu 05 Sep 2015 12:49 WIB

Bank Mandiri Operasikan Contact Center di Yogyakarta

Rep: Binti Sholikah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Aktivitas perbankan di Bank Mandiri cabang Cikini, Jakarta, Selasa (21/7).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Aktivitas perbankan di Bank Mandiri cabang Cikini, Jakarta, Selasa (21/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Mandiri meresmikan pengoperasian Mandiri Contact Center di Mandiri Graha Tugu, Yogyakarta, Jumat (4/9). Peresmian tersebut bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional. Peresmian Mandiri Contact Center dilakukan oleh Direktur Technology & Operations, Ogi Prastomiyono.

Menurut Ogi Prastomiyono, fasilitas tersebut memiliki 300 agen yang akan menerima telepon dari nasabah melalui Mandiri Call 14000. Seluruh agen akan memberikan layanan kepada nasabah terkait credit card, retail banking dan consumer banking, seperti informasi rekening, informasi produk dan layanan Bank Mandiri, informasi suku bunga dan valas, informasi umum (ATM/kantor cabang, dan lainnya), layanan keluhan umum dan informasi promo lainnya.

Dengan penambahan fasilitas tersebut, saat ini Bank Mandiri telah memiliki 950 agen untuk melayani kebutuhan nasabah melalui call center. Setiap tahun, para agen melayani hingga 14 juta incoming calls.  Sebelumnya, dari 550 agen yang dimiliki Bank Mandiri,  dapat melayani hingga 11 juta telepon dari nasabah setiap tahun.

Diharapkan, penambahan fasilitas tersebut dapat mendukung pertumbuhan bisnis Bank Mandiri serta pengembangan produk yang dilakukan perseroan seperti Branchless Banking, Co Brand Credit Card, serta perkembangan layanan media sosial. “Untuk itu, Seluruh agen akan mendapatkan pendidikan mengenai produk dan layanan perbankan, etika berkomunikasi dan budaya kerja agar dapat memberikan pelayanan yang berkualitas,” kata Ogi Prastomiyono dalam keterangan resmi, Jumat.

Selain itu, keberadaan call center Yogyakarta juga bertujuan untuk memitigasi risiko pemusatan operasional di satu call center terpusat serta dapat berfungsi sebagai Disaster Recovery Center. Ogi menjelaskan, Yogyakarta kami pilih sebagai site call center Bank Mandiri karena memiliki daya dukung infrastruktur yang baik sehingga memungkinkan optimalisasi kapasitas yang ada. Saat ini, Bank Mandiri tengah mempertimbangkan beberapa lokasi lain untuk pembangunan fasilitas serupa.

Sehubungan dengan Hari Pelanggan Nasional, Bank Mandiri menyelenggarakan rangkaian kegiatan service campaign berupa pemberian souvenir dan kipas eduksasi untuk Nasabah di cabang Bank Mandiri dan Mandiri Mitra Usaha yang pada hari yang sama melakukan pembukaan rekening baru. Sampai akhir Juni 2015, Bank Mandiri memiliki lebih dari 14 juta nasabah, dimana 12 juta di antaranya adalah nasabah tabungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement