Jumat 21 Aug 2015 13:29 WIB

Pembebasan PPN Jasa Hiburan Hindari Terjadinya Pajak Berganda

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bisnis layar lebar yang menggairahkan membuat pengusaha bioskop berniat membuka terus bioskop di seluruh Indonesia.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Bisnis layar lebar yang menggairahkan membuat pengusaha bioskop berniat membuka terus bioskop di seluruh Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketua Badan Perfilman Indonesia Kemala Atmodjo menyambut baik terbitnya peraturan menteri keuangan (PMK) mengenai pembebasan pajak pertambahan nilai terhadap delapan jenis jasa kesenian dan hiburan. Menurut dia, peraturan tersebut dapat melindungi pelaku usaha kesenian dan hiburan serta konsumen dari pajak berganda.

Kemala mengatakan, jasa hiburan seperti menonton bioskop memang tidak dikenakan pajak pertambahan nilai (PPN). Namun, dikenakan pajak daerah berupa pajak hiburan tontonan.

Masalahnya, kata dia, selama ini para pelaku usaha masih rancu apakah jenis jasa tontonan film hanya dikenakan pajak daerah atau juga dikenakan PPN. Pasalnya, dalam UU PPN hanya disebutkan bahwa jasa kesenian dan hiburan tidak dikenakan PPN.

"Dengan keluarnya peraturan ini, jadi pasti yang mana kena PPN atau tidak. Saya menyambut baik karena pemerintah konsisten untuk menghindari double tax atau pajak ganda," kata Kemala kepada Republika, Kamis (20/8).

Diberitakan sebelumnya, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro baru saja menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 158/PMK.010/2015 tentang Kriteria Jasa Kesenian dan Hiburan yang Tidak Dikenai Pajak Pertambahan Nilai.

Ada delapan jenis jasa kesenian dan hiburan yang tidak dikenai PPN. Beberapa diantaranya adalah tontonan film, tontonan pagelaran kesenian, tontonan kontes kecantikan, tontonan berupa pameran. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement