Jumat 21 Aug 2015 09:50 WIB

Proyek Listrik Diminta Jangan Jadi Ajang Bagi-Bagi Kue

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pembangkit Listrik Tenaga Minihydro
Foto: ristek
Pembangkit Listrik Tenaga Minihydro

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Energi dari IRESS Marwan Batubara menyatakan proyek listrik 35 juta MW tidak masalah jika Pemerintah mampu menyelesaikan hambatan yang selama ini selalu terjadi.

Hanya saja pemerintah telah memperhitungkan dan tahu bahwa proyek pasti akan molor. Sehingga Rizal Ramli pun akhirnya mengingatkan hal tersebut.

"Proyek sebelumnya saja masih ada sisanya, sehingga sebelum terjadi lagi perlu ada antisipasi," ujar dia pada ROL, Jumat (21/8). Rizal mengingatkan jangan sampai proyek ini sekedar bagi-bagi proyek.

Marwan memberikan contoh proyek listrik yang lalu. Banyak masalah yang terjadi seperti pembangkit listrik KW 2. Bahkan serah terima baru beberapa bulan kemudian mati.

Ini karena adanya penggelembungan harga saat pembelian alat-alat. Rizal berharap Jokowi tidak mengulang kesalahan yang sama seperti sebelumnya.

Diduga banyak pihak memiliki kepentingan dalam proyek ini. Perlu adanya dukungan pada pemerintah untuk menghindari Korupsi terutama soal proyek energi yang shearusnya untuk kesejahteraan masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement