Rabu 19 Aug 2015 17:29 WIB

Alfamart Berikan Pendidikan Ritel untuk Siswa SMK Bogor

Alfamart Class di Bogor.
Foto: Alfamart
Alfamart Class di Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk yang membawahi minimarket Alfamart, kembali meresmikan program pendidikan ritel yang akan diimplementasikan bagi siswa-siswi SMK Bina Harapan. Penandatanganan kerja sama pendidikan ritel Alfamart Class untuk SMK ini diresmikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Dace Supriyadi, Rabu (19/8).

Menurut Dace, program Alfamart Class ini merupakan inisiatif yang baik dari perusahaan swasta untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa sekolah menengah. “Kami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kontribusi Alfamart dalam memajukan pendidikan di tanah air, khususnya di Kabupaten Bogor,” katanya.

Program pendidikan ritel ini, kata Dace, bisa menjadi alternatif yang baik bagi siswa-siswi SMK.  Di Alfamart Class memungkinkan siswa SMK mampu meningkatkan kompetensi dalam bidang ritel, serta mengembangkan etos kerja dan kemandirian. Diharapkan siswa bisa menjadi pembelajar sejati baik secara teori maupun praktik.

Human Capital GM Alfamart, Julianus Ginting mengatakan, program ini dijalankan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang siap pakai di industri ritel. Melalui program ini nantinya lulusan SMK mempunyai pilihan untuk bekerja langsung di industri ritel atau membuka usaha ritel secara mandiri. Sebelumnya, Alfamart Class telah diimplementasikan di SMKN 1 Kota Bogor.

Selain melakukan sinkronisasi program pendidikan, perusahaan juga menghibahkan laboratorium business center berupa mini toko Alfamart sebagai media praktik belajar siswa di sekolah.  Program ini diharapkan dapat menjadi solusi terbaik untuk berbagai pihak. Hingga kini, Alfamart Class telah diimplementasikan secara nasional di 39 SMK yang tersebar di 24 kota, yakni Jakarta, Bandung, Banjarmasin, Makassar, Manado, Medan, Cilegon, Semarang, Madiun.

Alfamart Class juga ada di Malang, Denpasar, Plumbon, Pekanbaru, Mataram, Cianjur, Sengkang, Tondano, Cilacap, Bangli, Lampung, Magelang, Jombang, Ciamis, dan Bogor. Terakhir, Alfamart juga bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur sepakat untuk mengimplementasikan program Alfamart Class di 53 SMK yang memiliki jurusan pemasaran di seluruh Jawa Timur (3/8) lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement