Jumat 14 Aug 2015 22:14 WIB

DPR Dukung Kenaikan Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ketua DPR RI Setya Novanto
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Ketua DPR RI Setya Novanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPRI RI Setya Novanto mendukung penuh rencana pemerintah untuk menaikkan dana transfer ke daerah dana dana desa dalam Rancangan Anggaran dan Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016. Menurut Setya, kebijakan ini dapat mempercepat proses pemerataan pembangunan.

"Pembiayaan pembangunan yang semakin terdesentralisasi harus terus didorong. DPR mendukung kenaikan alokasi dana transfer ke daerah dan dana desa," kata Setya dalam rapat paripurna RAPBN 2016.

Meski begitu, Setya mengingatkan agar pemerintah melakukan pendampingan dan mengawasi penggunaan dana desa agar dana desa benar-benar digunakan untuk kemakmuran masyarakat desa.

"Selain itu juga agar kesenjangan ekonomi antara desa dan kota dapat berkurang," tambah Setya.

Seperti diketahui, pemerintah memang berencan menaikkan dana transfer ke daerah dan dana desa dalam RAPBN 2016. Dana transfer ke daerah dan dana desa bakal lebih besar dari belanja kementerian/lembaga.

Dalam APBNP 2015, dana transfer ke daerah diketahui sebesar Rp 664,6 triliun. Terdiri dari transfer ke daerah Rp 643,8 triliun dan dana desa Rp 20,8 triliun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement