Selasa 11 Aug 2015 18:18 WIB

Berkshire Hathaway Akuisisi Pabrikan Komponen Pesawat

CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett.
Foto: Reuters / Carlo Allegri
CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett.

REPUBLIKA.CO.ID, OMAHA -- Perusahaan konglongmerasi (Holding Company) Berkshire Hathaway sepakat membeli  pabrikan yang memproduksi komponen pesawat terbang, Presisi Castparts Corp (PPC) dengan kesepakatan 24 miliar poundsterling (Rp 504 triliun lebih).

Ini lantaran CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett begitu mengagumi produk buatan PCC yang terkenal tahan lama. Namun perusahaan yang bergerak di bidang asuransi dan properti itu tetap akan mematuhi persetujuan yang telah disepakati dengan pemegang saham PCC, di mana akan menutup pabrik tersebut selama tiga bulan pertama pada tahun depan. Jika berjalan lancar, maka itu akan menjadi  pergerakan bisnis Berkhire terbesar yang pernah dibuat.

"Karena demi kebaikan, (PCC) merupakan pemasok utama untuk industri penerbangan dunia, dan menjadi salah satu sumber ekspor terbesar untuk Amerika Serikat," tutur Buffett seperti dilansir BBC, Senin (10/8)

Buffett pun menyatakan segenap dewan eksekutif Berkshire Hathaway merasa bangga atas bergabungnya PCC menjadi bagian baru dari bisnis Berkshire Hathaway. Namun, menutut Buffett langkahnya beraninya itu juga tak lepas dari anjloknya harga gas dan minyak dunia. Di mana saat ini minyak dunia telah jatuh lebih dari 50 persen dalam 12 bulan terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement