Jumat 31 Jul 2015 07:00 WIB

IMF: Restrukturisasi Utang Yunani Perlu Dilakukan

Rep: C32/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
International Monetary Fund Managing Director Christine Lagarde (file photo)
Foto: AP/Mindaugas Kulbis
International Monetary Fund Managing Director Christine Lagarde (file photo)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Direktur Manager International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde menyatakan strukturisasi ulang atau restrukturisasi utang Yunani perlu dilakukan. Menurutnya hal tersebut merupakan salah satu dari empat elemen kunci yang dibutuhkan agar program dana talangan bekerja.

"Untuk setiap program yang akan dijalankan, strukturisasi ulang utang yang signifikan harus dilakukan," kata Lagarde seperti yang dikutip oleh Enikos, Kamis (30/7).

 

Ia menyatakan empat elemen kunci dalam program Yunani harus dilakukan agar program tersebut berhasil. Lagarde menjelaskan, hal tersebut merupakan target-target yang harus dilakukan.

 

Lagarde mengungkapkan elemen tersebut termasuk fiskal, langkah-langkah struktural untuk membuka ekonomi Yunani, dan melepaskan potensi pertumbuhannya. “Pembiayaan yang cukup untuk membuat program juga bisa diterapkan dan restrukturisasi utang negara,” jelasnya.

Selain itu, Kepala IMF juga menegaskan bahwa pemerintah Yunani harus memiliki kepemilikan program baru. Namun ketika ditanya apakah pemerintah Yunani akan dapat melaksanakan program tersebut, secara terbuka ia menyatakan tidak percaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement