Rabu 15 Jul 2015 11:46 WIB

Konsumsi Energi Nasional Naik 10 Persen Jelang Lebaran

Rep: C09/ Red: Winda Destiana Putri
Pekerja menata tabung elpiji ukuran 12 kilogram di salah satu agen di Jakarta, Rabu (4/3).
Foto: Republika/Yasin Habibi
Pekerja menata tabung elpiji ukuran 12 kilogram di salah satu agen di Jakarta, Rabu (4/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsumsi energi nasional tercatat mengalami kenaikan hingga 10 persen pada Juli tahun ini. Kenaikan disebabkan oleh permintaan musiman masyarakat menjelang Lebaran.

"Untuk elpiji, total kebutuhan ada 15 ribu metrik ton untuk seluruh Indonesia," ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Wiratmaja, di Bekasi, Rabu (15/7).

Data kenaikan tersebut, kata dia, diperoleh dari tim Direktorat Jenderal (Ditjen) Migas, di daerah-daerah di seluruh Indonesia yang memantau langsung stasiun-stasiun pengisian bahan bakar. Laporan tim menunjukkan tidak adanya kelangkaan bahan bakar, seperti bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji, serta listrik.

"Yang memantau situasi lapangan tidak memberikan laporan negatif, tidak ada antrean panjang, semuanya positif," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri ESDM, Sudirman Said telah menjamin ketersediaan sektor ESDM bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sebelum dan setelah lebaran. Sudirman bahkan melakukan inspeksi mendadak (sidak) langsung ke sejumlah pengecer dan agen elpiji di Jakarta dan Bekasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement