Ahad 12 Jul 2015 15:53 WIB

Harga Cabai Rawit Naik Drastis

Rep: c12/ Red: Joko Sadewo
Cabai rawit merah
Foto: Republika/Prayogi
Cabai rawit merah

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Harga sejumlah bahan pokok di beberapa pasar di Kabupaten Bandung mengalami kenaikan. Di antara komoditas yang naik, yakni beberapa jenis cabai, daging sapi dan daging ayam.

Salah seorang pedagang cabai di Pasar Banjaran, Ujang menuturkan, harga cabai jenis TW kini menjadi Rp 25 ribu per kilogram. Sebelum naik, harga cabai tersebut Rp 20 ribu. Selain cabai TW, kata dia, cabai tanjung juga naik menjadi Rp 38 ribu. Padahal, harga semula yakni Rp 25 ribu. "Cabai-cabai pada naik semua pas mau lebaran ini," kata dia, Ahad (12/7).

Sedangkan, untuk cabai rawit, kenaikannya terbilang drastis. Sebab, harga cabai rawit yang sebelumnya Rp 20 ribu kini menjadi Rp 35 ribu per kilogram.

Sementara itu, di Pasar Sayati, harga daging sapi kini menjadi Rp 98 ribu per kilogramnya. Harga ini berbeda dengan harga daging sapi di Pasar Banjaran, yang masih Rp 95 ribu per kilogram.

Di sisi lain, harga kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, dan gula masih stabil. Salah seorang pedagang sembako di Pasar Banjaran, Rahmat, mengatakan, harga beras jenis IR 64, dan pandan wangi masih stabil, yakni di kisaran antara Rp 9.500 sampai Rp 11 ribu per kilogram.  "Kalau gula itu Rp 18 ribu per kilonya, minyak goreng yang kemasan Rp 13 ribu seliternya," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement