Kamis 09 Jul 2015 19:56 WIB

Demokrat Sarankan Tim Ekonomi Pemerintah Segera Dievaluasi

Rep: C08/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kabinet Kerja era Jokowi-JK.
Foto: AP Photo/Dita Alangkara
Kabinet Kerja era Jokowi-JK.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Demokrat Sartono Hutomo menyarankan agar pemerintahan Presiden Joko Widodo segera melakukan evaluasi terhadap tim ekonomi di pemerintahan saat ini.

Hal ini disampaikan Sartono mengingat anjloknya perekonomian ditanah air.

"Sungguh memprihatinkan dan menyayangkan melemahnya perekonomian bangsa. Pertama bulan Maret-April kemarin ketika pemerintah mengeluarkan 6 paket kebijakan ekonominya sebagai respon diri nilai tukar rupiah terhadap dollar yang semakin anjlok. Dan sekarang sudah bulan Juli, terlihat malah semakin lemah rupiah kita," kata Sartono dalam siaran pers yang diterima ROL, Kamis (9/7).

Politikus asal Pacitan, Jawa Timur ini menambahkan bahwa saat ini hampir semua indikator ekonomi makro yang telah ditetapkan pemerintah bersama DPR meleset. Sartono menyarankan sebaiknya pemerintah sekarang meminta pandangan kepada pendahulunya tentang bagaimana mengelola negara yang sedang dalam tekanan iklim ekonomi dunia yang lemah.

Ia mengaku tidak ingin nantinya Indonesia mengalami krisis ekonomi yang membahayakan kestabilan negara seperti halnya yang dirasakan oleh negara Yunani saat ini.

Mengenai jadi atau tidaknya reshuffle kabinet, Sartono berharap pemerintah dapat menjamin perubahan yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berbasis pro rakyat.

"Jangan bermimpi membangun ekonomi yang kuat diatas pondasi kehidupan politik gaduh, carut marut. Like a bird without a wing," ujar Sartono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement