Kamis 25 Jun 2015 21:50 WIB

Stabilkan Harga, Operasi Pasar Digelar di Delapan Lokasi

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mengecek beras pada kendaraan saat akan dilakukan operasi pasar di Kantor Kemendag, Jakarta, Ahad (21/6). (Republika/Tahta Aidilla)
Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mengecek beras pada kendaraan saat akan dilakukan operasi pasar di Kantor Kemendag, Jakarta, Ahad (21/6). (Republika/Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Perdagangan (Kemendag) bekerjasama dengan Artha Graha Peduli (AGP) kembali menggelar operasi pasar beras dan daging hari ini Kamis (25/6).

Operasi yang bertujuan untuk tetap menyetabilkan harga bahan pokok di bulan Ramadhan ini akan digelar di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, hingga Tangerang Banten.

Dalam operasi pasar harga miring itu, dua jenis bahan pokok yakni beras dan daging sapi menjadi komuditas yang dijajakan kepada masyarakat. Ketua Tim Pelaksana Operasi Pasar Kusmanto Harapan mengatakan, alasan pemilihan beras dan daging sapi karena keduanya ialah bahan pangan utama di Bulan Ramadhan ini.

"Alasan lainnya, dua bahan pokok ini harganya sedang terus menanjak, jadi kami ingin stabilkan dengan operasi pasar di titik-titik yang strategis," ujar Kusmanto kepada Republika, di Jakarta Kamis (25/6).

Kusmanto mengatakan, pada operasi pasar tersebut beras dapat dibeli dengan Rp 90 ribu per sepuluh kilogram dan daging sapi cukup Rp 70 ribu per kilogram. Harga ini jauh lebih murah dibanding dengan pasaran.

"Saat ini di pasaran beras dengan kelas medium dijual seharga Rp 10 ribu- Rp 11 Ribu per kilogram. Sedangkan daging sapi, bisa sampai Rp 120 ribu per kilogram, tentu operasi pasar bisa jadi solusi efektif bagi masyarakat," kata dia.

Berikut delapan titik penjualan beras dan daging murah yang bisa masyarakat kunjungi hari ini.

1. Pelataran Parkir Kementrian Perdagangan, Jl  M.I. Ridwan Rais No. 5, Jakarta Pusat

2. Pasar Jembatan Lima, Jl. KH. Moch Mansyur RT.011/ RW.01, Jakarta Barat

3. Pasar Pondok Indah, Jl. Ciputat Raya , Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

4. Pasar Ciracas, Jl. Raya Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur

5. Halaman Kantor Kelurahan Pancoran, Jl. Pancoran Barat III No.55, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan

6. Halaman Kantor Kelurahan Pondok Kacang Timur, Jl. Raya Pondok Kacang Timur No.01 Tangerang, Banten

7. Halaman Kantor Kelurahan Rawa Badak Utara, Jl. Alur Laut No. 1, Kecamatan Koja, Jakarta Utara

8. Halaman Kantor Kelurahan Pegangsaan Dua, Jl. Kelapa Nias No.3/8, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Operasi pasar yang juga digelar bersama PD Pasar Jaya ini sendiri akan digelar hingga pukul 4 sore. Kusmanto pun mengajak seluruh warga di sekitar lokasi-lokasi yang didatangi untuk memanfaatkan momen operasi pasar ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement