Rabu 24 Jun 2015 22:20 WIB

Menhub Perpanjang Posko Angkutan Lebaran Tahun ini

Rep: C91/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bus angkutan lebaran (ilustrasi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Bus angkutan lebaran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan (Menhub) RI Ignasius Jonan menyebutkan, tahun ini Posko Angkutan Lebaran bakal diperpanjang hingga 26 hari. Tepatnya di 15 hari sebelum lebaran dan sembilan hari sesudah lebaran.

Sebelumnya hanya sekitar 16 hari, yaitu tujuh hari sebelum dan sesudah lebaran. "Perpanjangan ini diharapkan pengendalian kegiatan arus mudik dan balik akan lebih baik," ujar Jonan, dalam Rapat Kerja di Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta, Rabu, (24/6).

Ia mengatakan, secara nasional posko tersebut bakal dibuka mulai 2 Juli sampai 27 juli 2015. Pada pukul 08.00 WIB posko akan mulai beroperasi.

Jonan menyebutkan, ada 13 wilayah penyelenggara posko, di antaranya Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, Banten, dan lainnya. "Kalau di daerah lain jumlahnya tak terlalu banyak jadi tak akan masif sekali dalam pemantauannya," tuturnya.

Tahun ini, terdapat beberapa penambahan fasilitas, seperti jalan tol Merak-Brebes dan Penyebrangan Merak-Bakahuni. Sedangkan untuk kesiapan jalan rayanya ada tambahannya sekitar lima persen menjadi 44.871, sebelumnya hanya sekitar 43 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement