Senin 08 Jun 2015 15:30 WIB

Demi Ketahanan Pangan, Bulog akan Kelola Sembilan Bahan Pokok

Gudang Beras Bulog di Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (25/2).
Foto: Republika/Prayogi
Gudang Beras Bulog di Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (25/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah memandang peran Perum Bulog menjadi strategis karena akan difungsikan kembali mengelola sembilan bahan pokok. Sehingga, ke depan, ketahanan pangan semakin kuat.

"Bulog ini posisi strategis dalam mengelola ketahanan pangan kita, dan sesuai undang-undang memang segera akan di Perum kan (fungsi dan tanggung jawabnya-red), ke depan memang kita siapkan agar Bulog tidak hanya urus beras tapi juga urus sembilan bahan pokok lainnya," kata Presiden kepada wartawan di Jakarta, Senin (8/6).

Sementara itu ketika ditanyakan apakah peran Bulog nantinya akan bersinggungan dengan PT Pangan, Kepala Negara mengatakan bila PT Pangan akan lebih berorientasi komersial, bila Bulog lebih berorientasi pada pengangga ketahanan pangan.

Sebelumnya Menteri Pertanian Amran Sulaiman usai diterima Presiden di Istana Presiden Jakarta, Senin pagi mengatakan pemerintah melakukan penyegaran di tubuh Bulog.

"Jadi yang? dulu profit oriented menjadi stabilisator. Kita harap Bulog langsung masuk ke petani. Jadi langsung masuk ke tingkat petani," kata Amran.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement