Ahad 08 Mar 2015 16:53 WIB

Koperasi Mampu Akselerasi Perekonomian Warga Apartemen

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Indah Wulandari
Norman Kamaru, salah satu warga apartemen Kalibata City yang membuka usaha di kawasan hunian tersebut
Foto: antara
Norman Kamaru, salah satu warga apartemen Kalibata City yang membuka usaha di kawasan hunian tersebut

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Dinas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Perdagangan, dan Koperasi DKI Jakarta menilai para penghuni apartemen juga memerlukan koperasi sebagai sarana kegiatan ekonomi serta mempererat hubungan antar penghuni apartemen.

“Keberadaan koperasi di apartemen sangat positif. Selain untuk kegiatan ekonomi juga ajang silaturahmi para penghuninya,” kata staf Dinas UMKM, Perdagangan, dan Koperasi DKI Jakarta Ainur Rofik saat Pelantikan Pengurus Koperasi Apartemen Kalibata City, Sabtu (7/3) malam.

Selama ini, ujar dia, masih ada anggapan para penghuni apartemen kehidupannya eksklusif. Koperasi  membuktikan mereka juga senang bersosialisasi dan peduli dengan lingkungan tempat tinggalnya.

Banyak apartemen terintegrasi dengan tempat usaha seperti toko, kafe, serta kegiatan ekonomi lainnya. “Jika dibentuk koperasi maka usaha yang dijalankan bertambah maju,” kata Rofik.

Penggagas pembentukan koperasi di Apartemen Kalibata City (AKC) Muzdalifah mengatakan, minat penghuni AKC untuk membentuk koperasi sangat besar. Ini dibuktikan dengan ribuan penghuni yang menyatakan berminat membentuk koperasi.

Kedepan koperasi menginventarisir berbagai kebutuhan para penghuni apartemen. Dengan cara ini diharapkan kegiatan koperasi dapat berjalan efektif memenuhi kebutuhan warga dengan harga terjangkau.

“Bahkan kami sudah berkomunikasi  dengan Bulog. Mereka siap membantu Koperasi AKC untuk memasok berbagai kebutuhan pokok dengan harga yang lebih kompetitif,” kata Muzdalifah.

Dengan banyaknya dukungan yang diberikan, ia mengaku  bersemangat memajukan koperasi di lingkungan apartemennya. Ia yakin, sebagian besar penghuni AKC sudah menyatakan siap menjadi anggota koperasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement