Senin 02 Mar 2015 20:04 WIB

Butuh Sinergi Pemerintah-Swasta Bangun Kualitas SDM Perikanan Kelautan

Rep: C78/ Red: Satya Festiani
 Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)
Foto: MgROL_37
Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah melalui Kementerian Pertanian dan Kelautan mendukung sepenuhnya upaya Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang telah merealisasikan pembangunan Balai Pendidikan dan Latihan Kelautan dan Perikanan di Oping, Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah. Balai tersebut tepatnya diresmikan pada 19 Februari lalu.

"Sebab yang mereka lakukan sejalan dengan yang dilakukan KKP untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) kelautan dan perikanan melalui kegiatan pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan," kata Kepala Badan Pengembangan SDM Kelautan Perikanan (BPSDM KP) Suseno Sukoyono pada Senin (2/3). Sinergi untuk meningkatkan SDM kelautan, kata dia, penting dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akhir tahun ini.  

 

Dipaparkannya, guna mencetak SDM kompeten guna menjadikan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional, BPSDM KP telah memiliki Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Waeheru dan Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) di Ambon, Maluku, Bahkan pada 2015, BPSDM KP mengembangkan kedua Unit Pelaksana Teknis (UPT)-nya tersebut. Misalnya dengan menambah daya tampung peserta didik di SUPM Waeheru agar dapat menerima lebih banyak siswa.

Selain itu, KKP juga membangun technopark untuk menghasilkan SDM kompeten dan wirausaha baru di sektor kelautan dan perikanan, terus melakukan pelatihan konservasi bersama National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), melanjutkan pelatihahan observer, sekaligus melakukan sertifikasi kompetensi SDM kelautan dan perikanan di wilayah tersebut agar bisa bersaing di pasar global.

 

Guna memperkuat SDM kelautan dan perikanan di Maluku dan sekitarnya, BPSDM KP sangat terbuka untuk melakukan kerja sama dengan KADIN maupun Pemerintah Daerah Maluku untuk memanfaatkan fasilitas, baik di SUPM maupun di BPPP yang dapat dimanfaatkan Balai Pendidikan dan Latihan Kelautan dan Perikanan di Oping. Kegiatan tersebut sudah dilakukan, seperti dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Ambon, SMK Al Wathan, SMK N 1 Seram Barat, SUPM Luswed Tual, SMK N 2 Kairatu, SMK N 1 Banda Naira, SMK N 1 Leihitu, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Darussalam Ambon, dan UPTD BBI Air Tawar Waeheru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement