Selasa 23 Dec 2014 16:11 WIB

Duh, Tanah Jakarta Terus Turun, Ini Penyebabnya

Rep: C81/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pekerja dari Suku Dinas Tata Air Jakarta Timur memperbaiiki jalan yang amblas di Jalan Cipinang Cempedak IV, Jakarta Timur, Senin (16/6).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Pekerja dari Suku Dinas Tata Air Jakarta Timur memperbaiiki jalan yang amblas di Jalan Cipinang Cempedak IV, Jakarta Timur, Senin (16/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kepala Badan Geologi Kementrian ESDM, Surono mengatakan bahwa tanah Jakarta memang setiap tahunnya terus menurun. Hal tersebut memang merupakan bahaya jangka panjang yang akan dihadapi setiap kota besar seperti DKI Jakarta.

Surono mengatakan, penyebab utama dari turunnya tanah Jakarta adalah pengambilan air tanah yang begitu berlebihan. Sehingga kekuatan tanah semakin menurun setiap harinya. 

Selain itu, Surono juga mengatakan bahwa pembangunan gedung-gedung tinggi yang berpusat di Jakarta sangat menjadi faktor penting penurunan tanah di Jakarta ini. Menurutya, beban yang ditopang oleh tanah Jakarta karena Gedung-gedung ini terlalu  berat.

“Untuk sekarang memang tidak bisa ditanggulangi, dan memang sulit untuk dicegah. Tetapi paling tidak kita semua bisa menguranginnya,” kata Surono kepada Republika, Rabu (23/12).

Beberapa upaya yang bisa dilakukan oleh warga Jakarta untuk megurangi dampak penurunan ini degan cara mengontrol penggunaan air tanah oleh masyarakat. Tapi langkah ini sangat sulit karena belum ada solusi untuk air yang jadi kebutuhan utama manusia ini.

Selain itu, pengembang juga diupayakan agar memerhatikan daya dukung tanah saat membangun sebuah gedung. Jangan sampai, pembangunan gedung melebihi kekuatan yang bisa di dukung oleh tanah Jakarta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement