Rabu 03 Dec 2014 17:51 WIB

Maksimalkan Produksi, Pertamina Bangun Dua Kilang Baru

Rep: C85/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kilang Minyak Selon
Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Kilang Minyak Selon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pertamina berniat meningkatkan kapasitas produksinya tahun depan. Termasuk juga, peningkatan refinery atau pengolahan minyak yang selama ini menjadi kendala dan membuat kebutuhan BBM dalam negeri tidak terpenuhi.

Direktur Pemasaran dan Perdagangan Pertamina Ahmad Bambang mengungkapkan, Pertamina berencana akan membangun dua kilang baru untuk menambal kekurangan produksi.  "Lokasinya ada di Bontang, Kalimantan Timur dan Tuban, Jawa Timur," jelas Ahmad Bambang usai menghadiri Pertamina Energy Outlook, Rabu (3/12).

Lokasi kilang di Tuban akan memanfaatkan fasilitas kilang TPPI. Kedua kilang ini diproyeksikan berkapasitas 300 ribu barel per hari.

Ahmad menambahkan, rencana ini sekaligus untuk menambal kekurangan kapasitas kilang yang ada. Pertamina mencatat, kebutuhan BBM saat ini adalah 1,6 juta barel per hari.

Sedangkan kapasitas kilang di seluruh Indonesia hanya mampu menampung 800 ribu barel per hari "Akibatnya 52 persen diambil dari impor," lanjut Ahmad.

Ahmad menjelaskan, peremajaan dan pembangunan kilang baru sangat dibutuhkan mengingat usia kilang yang tergolong tua. "Kilang paling muda Balongan yang dibangun tahun 1994. Dan di Pangkalan Brandan sudah tidak berfungsi," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement