Senin 22 Sep 2014 17:56 WIB

Palyja Green Community Kembangkan Ekonomi Kreatif Masyarakat Sekitar Sungai

Pengembangan ekonomi kreatif melalui program PGC
Foto: dok Palyja
Pengembangan ekonomi kreatif melalui program PGC

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Posisi wilayah geografis Jakarta dilintasi oleh  13 sungai. Dari sekian banyak sungai dimaksud, banyak di antaranya yang memiliki nilai sejarah dan potensi pariwisata.

Tapi sayangnya dari waktu ke waktu kondisi sungai di wilayah Ibu Kota itu sangat memprihatinkan. Betapa tidak, kondisi sungai lebih dikenal sebagai tempat pembuangan sampah dan penyebab banjir.

Sampah yang kian hari menumpuk memnghadang aliran sungai itu praktius menjadi penyebab banjir. Keadaan ini jelas menunjukkan masih rendahnya kesadaran masyarakat yang tinggal di sekitar sungai dalam mengelola sampah. Baik sampah industri maupun sampah rumah tangga. Ironisnya, taraf hidup masyarakat yang tinggal di sekitar sungai itu secara ekonomi sebagian dikategorikan kurang mampu.

Tergerak oleh tanggung jawab sosial perusahaan, Palyja mulai merangkul warga dan komunitas yang berada di sekitar sungai. Caranya, dengan melakukan pelatihan dan pendampingan hingga terampil agar dapat menjadi masyarakat yang mandiri, bersih, sehat dan hijau. Teknis mengenai program ini dikemas oleh Palyja Green Community (PGC).

PGC merupakan salah satu kegiatan yang berada di bawah naungan Palyja  Friendly Company (PFC). Melalui program PGC ini, Palyja mencoba untuk membentuk kemandirian masnyarakat. Salah satu program pelatihan yang diberikan kepada para warga yang tergabung dalam PGC adalah kegiatan daur ulang sampah.

Sampah yang sebelumnya dipandang sebagai barang tak terpakai, setelah diolah kini dapat menjadi barang-barang bernilai ekonomis. Barang-barang yang dihasilkan dari proses daur ulang diantaranya tas, bunga, taplak meja, bros, dan sebagainya.

Dengan demikian, masyarakat yang tinggal di sekitar sungai dapat memiliki tambahan penghasilan (Income Generating Activity-IGA) dan sekaligus menjaga kelestarian sungai. Sampai dengan saat ini telah terbentuk tujuh Palyja Green Community (PGC) di wilayah pelayanan Palyja .

Ketujuh Palyja Green Community tersebut, yaitu :

1.Kelapa Dua RW 03 dan Kebon Jeruk RW 01 – Jakarta Barat

2.Karet Tengsin RW 05 – Jakarta Selatan

3.Cilandak RW 01 – Jakarta Selatan

4.Karet Tengsin RW 07 – Jakarta Pusat

5.Gandaria Utara RW 11 – Jakarta Selatan

6.Kedoya Utara RW 02 – Jakarta Barat

7.Pejaten Timur – Jakarta Selatan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement