Senin 11 Aug 2014 11:10 WIB

Menteri: Gangguan Laut Berpotensi Ancam Kedaulatan Pangan

Nelayan (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Nelayan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo menyatakan berbagai gangguan yang mempengaruhi kualitas dan kuantitas sumber daya laut Indonesia berpotensi mengancam kedaulatan pangan karena laut merupakan sumber bahan makanan di Tanah Air.

"Ancaman terhadap ketahanan pangan, permasalahan masyarakat pesisir, meningkatnya polusi laut, praktik ilegal dalam pemanfaatan sumber daya laut dan pesisir dan bencana alam terkait laut, memaksa kita untuk memberikan perhatian yang lebih besar pada keberlanjutan laut," kata Sharif Cicip Sutardjo di Jakarta, Senin (11/8).

Untuk itu, menurut dia, pihaknya memandang pentingnya optimalisasi pemanfaatan potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang berkesinambungan dan lestari yang terkait erat dengan ketahanan pangan.

Sebelumnya Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Saut Hutagalung mengingatkan bahwa selama ini ikan merupakan sumber protein hewani yang utama di Indonesia. "Sekitar 58 persen kebutuhan protein hewani dalam konsumsi masyarakat kita dipasok dari perikanan bahkan mencapai 70 persen di daerah perdesaan," kata Saut.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement