Senin 16 Jun 2014 23:28 WIB

Talisman Energy Mulai Eksplorasi Seismik di Sakakemang

Rep: Maspril Aries/ Red: Julkifli Marbun
Sumur eksplorasi gas bumi (Ilustrasi)
Foto: ANTARA
Sumur eksplorasi gas bumi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Perusahaan minyak dan gas asal Kanda Talisman Energy Inc melalui perusahannya PT Talisman Energy Indonesia (TEI) segera melakukan eksplorasi seismik di blok Sakakemang yang berada dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan (Sumsel).

Usai bertemu Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Senin (16/6) VP Government and External Relation PT Talisman Energy Indonesia Andi Iwan Uzama menjelaskan, perusahaan kami datang melaporkan kepada Gubernur Sumsel untuk mulai melakukan aktivitas seismik di blok Sakakemang. 

“Untuk  program dari seismik - pengeboran membutuhkan waktu sekitar dua tahun atau sampai tahun 2016,” katanya.

Andi Iwan menjelaskan, untuk rencana ekplorasi sumur migas di blok Sakakemang perusahaan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten setempat untuk kelancaran eksplorasi tersebut seperti pembebasan lahan.

Sebelumnya pada April lalu Talisman mengakuisisi 90 persen saham kerja di PSC (Production Sharing Contract) Sakakemang, sebuah blok prospektif yang berlokasi antara PSC Corridor dan PSC Jambi Merang yang dikuasainya.

Program akuisisi seismik di PSC Sakakemang akan dimulai pada kuartal ketiga tahun ini.

Sementara itu menurut Asisten II Sekretaris Daerah bidang ekonomi keuangan dan pembangunan Pemerintah Provinsi Sumsel Ruslan Bahri  menjelaskan pada pertemuan dengan manajemen PT Talisman Energy Indonesia (PT TEI), Gubernur Sumsel mengingatkan, perusahaan apa pun yang masuk ke Sumatera Selatan harus memberikan manfaat buat masyarakat.

“Gubernur mengingatkan agar program-program CSR perusahaan dijalankan dengan benar-benar dan harus jelas apa saja yang mau dilaksanakan. Gubernur juga menginstruksikan untuk dilakukan secepatnya,” kata Ruslan.Menurut Andi Iwan Uzamah,  PT TEI sudah beroperasi pada dua blok migas yang ada di Sumatera Selatan, yaitu di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) melalui perusahaan Joint Operating Body JOB Pertamina Talisman Ogan Komering Ltd dan blok Jambi Merang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement