Sabtu 22 May 2010 00:03 WIB

Talisman Menangkan Lelang Wilayah Kerja Eksplorasi Lepas Pantai

Rep: Cepi Setiadi/ Red: Budi Raharjo
Ladang migas
Foto: Yudhi Mahatma/Antara
Ladang migas

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kontraktor minyak raksasa, Talisman Energy Inc, ditetapkan sebagai pemenang lelang untuk suatu interest di tiga Wilayah Kerja Lepas Pantai di Selat Makassar, Indonesia. Vice President and General Manager Talisman di Indonesia, Ron Aston, menjelaskan wilayah kerja yang baru tersebut ditawarkan sebagai bagian dari Lelang Penawaran Langsung Tahap II Wilayah Kerja Indonesia Tahun 2009.

''Kita telah ditetapkan sebagai pemegang untuk suatu konsorsium yang terdiri dari Talisman dan mitra kerjanya yakni PTT Exploration and Production Public Company Limited,'' kata Ron dalam siaran persnya, Jumat (2/5).

Ron menambahkan, di samping interest lain di Selat Makasar, Talisman saat ini memiliki suatu interest sebesar 70 persen yang dioperasikan di KKS Sageri Selatan. Selain itu, paparnya, ada pula interest sebesar 60 persen yang dioperasikan di KKS Sadang, dan interest sebesar 33 persen yang belum dioperasikan di KKS Mandar Selatan. ''Konsorsium telah berkomitmen untuk membor satu sumur di KKS South Sageri dan melakukan seismik 3D di seluruh blok dalam waktu tiga tahun,'' jelasnya.

Ron mengungkapkan, wilayah KKS baru ini sangat sesuai dengan strategi baru Talisman untuk memperbaharui portofolio eksplorasi internasional Talisman secara berkelanjutan. Wilayah kerja tersebut terletak di sekeliling KKS Sageri yang sedang dioperasikan. ''Dan ini memberikan kepada kami, suatu kesempatan emas untuk melakukan kegiatan eksplorasi yang prospektif, yang saat ini mencakup bagian besar Cekungan Makassar Selatan.” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement