Senin 02 Jun 2014 15:03 WIB

Wamenhub: Jepang Tertarik Kembangkan Transportasi Indonesia

Kemacetan di Jakarta merupakan salah satu bentuk buruknya sistem transportasi di Ibukota Negara (ilustrasi).
Foto: Antara/Wahyu Putro
Kemacetan di Jakarta merupakan salah satu bentuk buruknya sistem transportasi di Ibukota Negara (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono mengatakan, pemerintah Jepang tertarik mengembangkan fasilitas dan sarana dari berbagai jenis moda transportasi guna meningkatkan sektor transportasi Indonesia.

"Tujuan dilakukan kerja sama dengan Jepang antara lain berperan serta dalam pembangunan transportasi di Indonesia dengan penyusunan kebijakan di bidang transportasi dan peningkatan infrastruktur," kata Wamenhub dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (2/6).

Bambang memaparkan, beberapa hal yang ditawarkan oleh pemerintah RI kepada Jepang yaitu antara lain menyangkut pengembangan sejumlah bandara, pelabuhan dan pengembangan kereta jalur Jakarta- Surabaya. Menurut dia, Jepang tertarik dengan rencana proyek kereta api cepat atau High Speed Rail yang dibangun jalur kota dengan Bandara Soekarno-Hatta dan Jakarta-Surabaya yang membutuhkan anggaran sekitar Rp 18 triliun.

Selain itu, Jepang juga tertarik pembangunan bandara kecil di daerah-daerah pelosok, Kapal Roro dari Singapura ke Jakarta, Pelabuhan Cilamaya, landasan ketiga Bandara Soekarno-Hatta, bandara baru di Karawang, dan sistim navigasi di Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement