Selasa 27 May 2014 21:24 WIB
Pipanisasi Gas

Pertagas Groundbreaking Pipa Gresik Semarang

Jaringan Pipa Gas, Pertagas (Pertamina Gas)
Foto: ROL/Agung Sasongko
Jaringan Pipa Gas, Pertagas (Pertamina Gas)

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Anak perusahaan PT Pertamina (Persero), yaitu PT Pertamina Gas (Pertagas), melakukan groundbreaking (peletakan batu pertama) pipa Gresik-Semarang pada bulan Juni ini.

Direktur Utama Pertagas Hendra Jaya mengatakan, proyek senilai 500 juta dolar AS itu akan mendapatkan pasokan gas sebesar 100 juta kaki kubik per hari (mmscfd) dari Pertamina EP Cepu.

Pipa Gresik-Semarang akan mengalirkan gas dari proyek unitisasi Jambaran-Tiung Biru-Cendana kepada pelanggan. Pertagas telah memiliki head of agreement (HoA) dengan sejumlah calon pembeli gas di Jawa Tengah.

Pipa Gresik-Semarang akan mengalirkan gas kepada sejumlah industri dan pelanggan di Jawa Tengah. Diperkirakan lama pembangunan akan memakan waktu 18 bulan.

Sementara, Pertagas mewisuda puluhan tahfidz Darul Aitam, Karawang, Jawa Barat, Senin (26/5) siang. Hendra Jaya berharap, pelaksanaan tanggung jawab sosial (CSR) bisa bermanfaat bagi santri-santri Darul Aitam. ''Semoga bantuan yang sangat sedikit ini bisa bermanfaat,'' kata dia.

Hendra menyarankan para santri tersebut untuk menjadi seorang pengusaha. Pasalnya, dengan menjadi pengusaha, lapangan pekerjaan menjadi bertambah. Namun, dia mempersilakan para santri tersebut untuk melamar di Pertagas bila tertarik bekerja di dunia gas. n aldian wahyu ramadhan ed: zaky al hamzah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement