Kamis 15 May 2014 15:09 WIB

Tingkatkan Ekspor, Kemendag Gaet HIPPI

Rep: Nora Azizah/ Red: Maman Sudiaman
Kapal Kargo pengangkut kontainer komiditi ekspor (ilustrasi)
Foto: sustainabilityninja.com
Kapal Kargo pengangkut kontainer komiditi ekspor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementrian Perdagangan merasa perlu menggandeng sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) dalam upaya meningkatkan laju ekspor. Terlebih lagi, di era globalisasi membuat persaingan usaha semakin kompetitif utamanya menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada 2015 mendatang.

"Mengembangkan ekspor salah satu langkah berkompetisi," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan, Nus Nuzulia Ishak, kemarin.

Nus mengatakan, Indonesia tidak hanya akan menghadapi MEA tetapi juga Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). Dalam RCEP ASEAN bersama dengan enam negara mitra yang memiliki G DP sama, yakni sekitar 23 triliun dollar AS. Sementara target konsumen ada sekitar 3,5 miliar orang. Hal ini perlu diantisipasi. Sehingga mengembangkan ekspor produk nasional menjadi salah satu cara dalam menghadapi situasi tersebut. Kerja sama tersebut berbentuk pengembangan produk, tenags kerja, hingga informasi dalam meningkatkan mitra ekspor.

Kolaborasi antara Kemendag dengan pelaku usaha diharapkan bisa menjadi kemitraan yang strategis. Maka diperlukan peran aktif dari beberapa stakeholder dalam pelaksanaannya. berdasarkan pertumbuhan produk ekspor yang terbagi dalam kategori produk utama (main products), produk prospektif (prospective products), dan produk nonmigas lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement