Ahad 11 May 2014 13:31 WIB

Pangsa Pasar Ban Radial Indonesia Capai 14,6 Persen

Rep: Yulianingsih/ Red: Maman Sudiaman
Produk ban Michelin
Foto: Yulianingsih/Republika
Produk ban Michelin

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pangsa pasar ban radial melalui original equipment diperkirakan mencapai 14,6 persen atau meningkat tajam dari 2013 yang hanya 3,5 persen. "Saat ini market share kita khusus ban radial untuk bus dan truk di Indonesia mencapai 7 persen dari 20-an kompetitor di Indonesia," ujar Country Director Michelin Indonesia, Jean Charles Simon di Yogyakarta, akhir pekan lalu.

Dengan produk baru ban radial untuk bus penumpang tersebut, Michelin ingin meningkatkan  pasar ban radial khusus bus dan truk hingga  11 persen tahun ini.

Produk baru Michelin ini diklaim lebih aman,  hemat bahan bakar, dan lebih tahan untuk divulkanisir. "Produk baru ini lebih aman 20 persen dari produk sebelumnya dengan memaksimalkan kinerja lapisan pada tapak dan memperkuat bagian telapak untuk meningkatkan ketahanan terhadap benturan," katanya.

Secara umum, Michelin mengambil 20 persen market share penggunaan ban secara global. Michelin telah hadir di 170 negara dan memiliki 111.20 pegawai dengan mengoperasikan 67 fasilitas produksi di 17 negara. Produk ban Michelin sendiri telah hadir di Indonesia sekitar 15 tahun. Namun PT Michelin Indonesia baru berdiri sejak April 2011.

Sementara itu Product Marketing Manager Michelin Indonesia, Alfons Abikaryo mengatakan,produk ban radial baru Michelin ini juga bisa menghemat bahan bakar hingga 11 persen dibandingkan ban radial biasa. Menurutnya, ban Michelin X Coach Energy dirancang khusus dengan cooler running crown architecture, dan lebar telapak yang lebih optimal. Dengan desain dan teknologi tersebut, ban menjadi lebih tahan terhadap kerusakan akibat panas dan perputarannya lebih mudah sehingga dapat lebih menghemat BBM.

Pola telapak baru dengan bahan yang lebih berkualitas membuat Michelin X Coach lebih aman ketika dipakai di permukaan jalan yang basah. Stabilitas lateral ban juga lebih baik ketika berjalan di permukaan jalan yang basah.

Ban radial untuk segmen kendaraan berpenumpang dan truk tersebut juga bisa divulkanisir karena dibuat dengan daya tahan casing, bead dan telapaknya lebih kuat serta disempurnakan dengan teknologi HTN.

"Dengan kondisi seperti itu ban Michelin X Coach Energy ini  bisa divulkanisir hingga dua kali," katanya.

Namun kata dia, hal itu juga tergantung cara pemakaian, jarak tempuh, dan medan yang dilewati. Ban Michelin X Coach Energy dijual dengan harga sekitar Rp 5,6 juta sama dengan harga produk sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement