Rabu 30 Apr 2014 14:20 WIB

Capitalinc Investment Resmi Garap Blok Migas ONWJ PSC

Rep: Friska Yolandha/ Red: Nidia Zuraya
Ladang Migas
Ladang Migas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Capitalinc Investment Tbk telah menyelesaikan transaksi akuisisi 100 persen saham Owen Holdings Limited. Akuisisi tersebut bernilai 225 juta dolar AS.

Owen merupakan pemegang effective working interest sebesar 17,99 persen Blok Offshore North West Java Production Sharing Contract (Blok ONWJ PSC). "Blok ini merupakan salah satu blok penghasil minyak dan gas yang terbesar di Indonesia," kata Direktur Capitalinc Hendrayanto M Sakti dalam keterangannya, Rabu (30/4).

Diperkirakan, total cadangan terbukti dan probable reserves yang ada di blok ini per Mei 2013 meliputi 1 TCF gas dan 178 juta BBLS minyak. PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ), sebagai subsidiary dari PT Pertamina (Persero) adalah operator pada Blok ONWJ PSC tersebut.

Sepanjang 2013, Blok ONWJ PSC telah menghasilkan produksi sebesar 38.300 barel minyak per hari dan 224 MMSCFD gas. Penghasilan ini melebihi target yang sebelumnya ditetapkan oleh SKK Migas, yaitu sebesar 38 ribu barrel minyak per hari dan 175 MMSCFD gas.

Capitalinc telah melaksanakan Penawaran Umum Terbatas IV sebesar Rp 2,7 triliun kepada para pemegang saham dalam rangka penerbitan hak memesan efek terlebih dahulu. Dana hasil penawaran umum ini ditambah dengan dana internal digunakan sebagai dana akusisi Owen.

Hendrayanto meyakini akuisisi Owen akan memberikan dampak yang sangat positif kepada perseroan secara keseluruhan. Perseroan akan membukukan peningkatan produksi dari hasil migas dan meningkatkan pendapatan dari penjualan migas.

Dari produksi keseluruhan Blok tersebut, Capitalinc mendapatkan jatah rata-rata sekitar 12 ribu barel setara minyak per hari (BOEPD). "Dengan tuntasnya transaksi akuisisi ini, Owen pun mulai membukukan produksi ini ke dalam kinerja perseroan," kata Hendrayanto. Produksi tahun ini diharapkan meningkat 17 persen dari tahun sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement