Sabtu 05 Apr 2014 23:44 WIB

Akhir Tahun, Seluruh Perjalanan Pelni Gunakan E-Ticketing

Rep: Ichsan Emrald Alamsyah/ Red: Joko Sadewo
Penumpang mengantre naik Kapal Motor (KM) Kelud milik PT Pelni.
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Penumpang mengantre naik Kapal Motor (KM) Kelud milik PT Pelni.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Memasuki 2014, PT Pelayaran Nasional Indonesia mencanangkan transformasi bisnis besar-besaran. Meski begitu Pelni juga akan meningkatkan pelayanan terhadap penumpang.

Direktur Utama Pelni, Syahril Japarin, mengatakan perseroan akan memberlakukan tiket elektronik terhadap seluruh kapal Pelni. Saat ini pilot project pemberlakuan e-ticketing ada di kapal KM Kelud yang melayani Tanjung Priuk-Belawan, Medan.

Akan tetapi di akhir 2014, 24 unit kapal Pelni akan menerapkan layanan e-ticketing. Selain itu tiket elektronik akan berfungsi sebagai kartu pintar.  Dimana akan memiliki fungsi sebagai tiket dan dompet elektronik. Artinya sepanjang pelayaran di atas kapal, penumpang dapat menggunakan tiket elektroniknya untuk berbelanja di minimarket dan kafetaria.

Selain itu bisa digunakan untuk membayar fasilitas hiburan seperti karaoke, permainan konsol dan lain-lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement